Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Merajut Produktivitas Tanpa Batas Melalui Internet

16 Juli 2022   23:59 Diperbarui: 17 Juli 2022   00:10 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menerima penghargaan dari menulis (dokpri)

Masihkah Anda bertanya, "Apa itu internet? Bagaimana cara menggunakannya?"

Barangkali cukup aneh kalau pertanyaan demikian ditanyakan pada zaman sekarang. Tentu akan berbeda sekali ketika saya pernah melontarkan pertanyaan yang sama kepada seorang teman dari jurusan komputer tepatnya 25 tahun yang lalu.

Zaman sudah berbeda, 25 tahun yang lalu internet adalah sesuatu yang langka dan mahal, bahkan masyarakat masih banyak yang belum tahu tentang internet. Sekarang layanan internat sudah sangat maju, bahkan sudah sampai ke pelosok negeri.

Berdasarkan informasi  yang saya baca dari kompas.com bahwa pengguna internet di Indonesia pada awal 2022 sudah mencapai 210 juta jiwa.

Kalau melihat data tersebut, itu artinya sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah menggunakan internet. Sudah barang tentu banyak yang mengerti dan melek internet.

Kembali pada topik awal, jadi kalau saya yang bertanya tentang internet saat itu, tentu menjadi suatu hal yang wajar bukan? Karena memang internet belum marak di tengah-tengah masyarakat, saat itu.

Nah, untuk mendalami tentang internet, maka saya pun memberanikan diri menjadi anggota puskom (pusat komputer) yang notabene didominasi oleh anak-anak dari Fakultas MIPA, khususnya dari jurusan komputer. Sementara dari fakultas saya, belum ada yang saya temukan menjadi anggota puskom saat itu.

Setelah terdaftar sebagai anggota puskom, akhirnya sebagian besar waktu, saya habiskan di puskom. Maklum, mata kuliah saya saat itu sudah selesai, tinggal menuntaskan skripsi.

Karena seringnya saya ke puskom, maka beberapa teman pun menjuluki saya "anak puskom".

Bagi sebagian kecil mahasiswa, puskom adalah tempat favorit. Mengapa saya katakan sebagian kecil? Karena memang saat itu masih tergolong sedikit yang terdaftar sebagai anggota puskom, tentu jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang ada di kampus kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun