Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Memastikan Manfaat Knowledge Management dalam Pemberdayaan Karyawan

2 Juni 2022   19:41 Diperbarui: 2 Juni 2022   19:56 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Wallpaper Better

DETERMINAN knowledge management yang umumnya digunakan adalah knowledge acquisition, knowledge sharing, knowledge utilization, knowledge creation. 

Konsep knowledge management merupakan upaya penyamaan pengetahuan dan persepsi sesuai visi dan misi perusahaan, sehingga tercapai tujuan yang ditargetkan. 

Knowledge management menjadi salah satu solusi membantu karyawan mencapai tahap pengetahuan yang diinginkan oleh perusahaan, sehingga individu di dalam organisasi atau perusahaan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang setara dengan yang lainnya.

Pengetahuan dan keterampilan kerja karyawan yang setara dengan karyawan lain sangat penting sekali, supaya mereka dapat menerapkan dalam tugas dan tanggungjawab sesuai posisi masing-masing dalam membantu mengembangkan sebuah organisasi kerja. 

Knowledge management dapat diaplikasikan dalam konsep: teknik dan penguasaan teknologi, penguatan organisasi, dan akses saling berbagi sources yang ada di tempat kerja.

Tujuan dan manfaat knowledge management adalah untuk mengembangkan dan memantapkan pengelolaan pengetahuan karyawan terhadap sistem kerja dan asep perusahaan untuk menghasilkan produk yang berdaya saing dalam rangka menciptakan nilai bisnis yang tinggi

Proses yang dapat di gunakan oleh perusahaan dalam hal knowledge management adalah sharing knowledge, knowledge utilization, knowledge capture, knowledge application, dan knowledge acquisition. Kesemua proses tersebut mendukung perusahaan dalam menciptakan karyawan yang mahir dan kreatif untuk kedepannya dapat melakukan terobosan-terobosan inovatif.

Banyak sekali contoh perusahaan yang menerapkan knowledge management dan pada prinsipnya semua perusahaan pasti menerapkannya hanya saja berbeda-beda volume dan konsepnya. Sebut saja PT Telekom, PT Unilever, PT Newmont, PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, dan lain sebagainya. 

Terkait bagaimana prosesnya, pastinya tak jauh dari konsep inti proses knowledge management yang kita pahami selama ini.[]

Semoga bermanfaat.

KL: 02062022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun