Mohon tunggu...
Thomas Panji
Thomas Panji Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Berusaha dengan sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Swaragama FM, Lebih dari Sekadar Radio

30 Agustus 2019   09:11 Diperbarui: 10 September 2022   17:27 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama 19 tahun berkarya, Swaragama FM terus bertumbuh menjadi radio yang lebih dari sekadar radio.

Radio, salah satu media massa yang masih eksis hingga pada hari ini. Sebagai media massa, radio sangat erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi, hiburan dan pendidikan (Uchjana, O. 2003:137-138). 

Meski radio masih eksis hingga saat ini, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ukurannya sebagai media massa konvensional kurang setara dengan televisi, yang notabene jauh lebih kompleks dan kaya dalam hal produk medianya, karena televisi dapat menyuguhkan sifat "auditif" dan "visual" sekaligus, yang tentunya juga didukung oleh teknologi media siaran yang terus berevolusi.

Di era ini, radio sudah mengalami begitu banyak perubahan dan bentuk yang tentunya disesuaikan dengan pangsa pasar pendengarnya. Tidak mengherankan jika dikemudian hari kita dapat menemukan ada begitu banyak stasiun radio yang mulai menyiarkan berbagai konten dengan topik yang sangat spesifik, seperti radio wanita, radio rohani, radio anak muda, radio desa dan lainnya. 

Sporadisnya stasiun radio, utamanya radio swasta menjadi bukti kuat bahwa persaingan media lewat bisnis radio masih dipandang sebagai prospek yang cukup menjanjikan. Beberapa strategi pemasaran dan produksi konten yang dilakukan oleh banyak radio swasta pun sangat beraneka ragam dan cukup kreatif. 

Sebagai contoh kecil, saat ini ada banyak begitu banyak stasiun radio komersil yang mulai melebarkan sayapnya dengan tidak hanya menjual produk siaran mereka saja. Namun, mereka kini jutsru mulai berinovasi dengan membuat beraneka ragam konten di media sosial, seperti konten video kreatif di Youtube, konten siniar di Spotify, dan lainnya. 

Selain mulai melebarkan sayap ke arah konvergensi dan inovasi konten, banyak dari stasiun radio swasta perlahan juga mulai menjual produk-produk media mereka dalam bentuk yang lebih beraneka ragam, seperti siaran radio visual, produk majalah, sekolah kursus radio, sekolah master of ceremony, agensi perikalanan, dan lainnya dapat menjadi beberapa hal lain yang dilakukan oleh banyak stasiun radio swasta hari ini untuk semakin memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar serta pengaruh yang lebih besar. 

Salah satu satsiun radio swasta yang telah mantap melakukan berbagai inovasi dan pengembangan tersebut adalah Swaragama FM. Swaragama FM adalah salah satu stasiun radio yang berada dibawah naungan induk perusahaan PT Radio Swara Gadjah Mada dan menjadi salah satu radio anak muda pertama di Provinsi D. I Yogyakarta yang pada awal perkembangannya sekitar tahun 2002 berhasil menyabet penghargaan sebagai radio yang kontennya erat dengan gaya hidup anak muda saat itu. 

Di umurnya yang telah menginjak 19 tahun, Swaragama FM saat ini tidak hanya berfokus pada bisnis siaran radio saja. Dengan strategi pemasaran yang ciamik dan didukung oleh semangat kapitalis yang tinggi, bisnis media mereka saat ini juga merambah pada berbagai sektor usaha lain, seperti pendidikan, event organizer, majalah, dan hingga stasiun radio baru.

Pengertian Ekonomi Politik Komunikasi dan Spasilisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun