Mohon tunggu...
Inovasi

Instagram sebagai Fashion Masyarakat Kini!

21 September 2015   06:11 Diperbarui: 21 September 2015   08:09 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Instargram sebagai Media Fashion Online!

Internet yang sekarang sangat mudah diakses dimana-mana kapan saja dan siapa saja membuat, internet ladang usaha bagi para pedagang di media online. Media online bukan lagi menjadi hal baru bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di kota-kota besar, bahkan para peminat barang-barang ini juga berasal dari luar kota. Mengapa seseorang lebih memilih untuk berdangang di media online? Hal ini didasari oleh mahalnya membuat lapak usaha di dunia nyata, jika ada yang gratis mengapa tidak. Mungkin ini adalah salah satu mengapa media online menjadi pilihan masyarakat kini untuk menjual atau bahkan membeli. Media online merambat hampir kesemua media sosial yang ada saat ini contohnya facebook, line, blog, dan instargram. Online shop yang banyak kita temui saat ini adalah instagram.Dan di instagram banyak kita jumpai para penjual dengan berbagai macam tipenya masing-masing, sejumlah pengusaha cafe misalnya mempromosikan cafe miliknya dengan cara memposting foto-foto makanan yang mereka jual, para seniman foto memposting hasil karya mereka, dan yang sedang mejadi trend sekarang adalah online shop yang menjual berbagai macam barang mulai dari kosmetik, tas, sepatu, baju dan lain-lain yang bukan hanya untuk kaum wanita tapi juga laki-laki. Karena inilah masyarakat dapat tahu fashion yang sedang trend saat ini bukan hanya lewat majalah, maupun televisi, namun masyarakat kenal dengan fashion lewat media online.

Instagram bukan lagi media sosial yang hanya digunakan untuk mengunggah foto-foto pribadi namun telah menjadi media online yang mecuri banyak perhatian masyarakat terlebih lagi para pengguna aktif media ini. Instagram kini bisa menjadi sarana hiburan bahkan informasi, contohnya saja akun instagram INFIA_FACT yang berisi foto dengan informasi bahkan pengetahuan dari dalam maupun luar negeri dan contoh akun instagram yang saat ini memiliki follower lebih dari 6.1m pengguna insatgram ini memiliki follower dari berbagai macam kalangan usia, akun instagram DAGELAN berisin humor-humor, dan beberapa kali dapat kita jumpai iklan-iklan didalamnya. Taukan anda saat ini bila anda ingin mengiklankan barang dagangan anda di akun instagram dagelan  anda harus membayar 1.500000 hingga 2.000000 (dilansir dari 3 akun intagram yang wajib kamu folow kaskus.co.id).

Fashion yang di publikasikan media online saat ini lebih menarik minta masyarakat, karena masyarakat yang kini dapat mengakses internet kapan saja dan dimana saja dengan berbagai macam pilihan online shop di media sosial merasa lebih dimudahkan dengan adanya hal ini. Di sendiri instagram foto-foto yang berisikan barang-barang dagangan akan di tampilkan semenarik mungkin agar mendapat perhatian masyarakat. Bukan itu saja terdapat banyak sekali penjual yang mempromosikan barang dagangannya bukan hanya dari akun miliknya sendiri. Para penjual ini mendagangkan barangnya dengan cara mengiklankan barang mereka lewat akun-akun yang sudah banyak memiliki follower contohnya saja dagelan,  indovidgram dan indofotogram, bahkan akun para artispun menjadi pilihan para penjual untuk mempromosikan barang mereka. Tak dapat di pungkiri lagi bila barang-barang para penjual ini sudah digunakan oleh publik figur otomatis barang yang mereka gunakan akan menjadi trend fashion sendiri bagi para peminat fashion di media online. Para penjual yang berlaku sebagai sponsor memberikan barang bagi para artis, setelah itu para artis ini akan memotret dan mempromosikannya pada akun instagram milik mereka sendiri sebagai ucapan terima kasih atas barang yang diberikan. Bukan hanya fashion dalam negri fashion dari luar negri pun merambat hingga menjadi trend bagi masyarakat Indonesia. Banyak tutorial make up, hair style, manicure bahkan perawatan tubuh yang menjadi fashion luar negri telah diketahui dan diminati masyarakat kini. Tidak sulit untuk menemuni hal seperti ini di instagram cukup buka pada tombol pencarian dan kita dapat menemukan berbagai macam orang dari belahan dunia dengan fashion mereka masing-masing. Fashion inilah yang sering kali di ikuti oleh masyarakat indonesia saat ini, fungsi media yang memang sebagai sarana menyampaikan informasi memang terlihat manfaatnya.

Bila dikaitkan dengan teori komunikasi berdasarkan Agenda Setting, asumsi media tentang kebutuhan publik akan informasi dan harapan publik terhadap informasi yang disajikan oleh media.  Tetapi hal ini tidak selalu berhasil karena sering terjadi adalah media mensetting pemikiran khalayak, jadi apa yang dianggap media penting maka dianggap penting pula bagi masyarakat. Dalam kasus media online ini masyarakat disajikan informasi seputar fashion yang sedang trend saat ini, namun apa yang terjadi pada orang yang memiliki gaya tersendiri? orang lain akan beranggapan bahwa gaya mereka kuno karena tidak mengikuti perkembangan fashion saat ini. Itulah saat dimana media berhasil membuat apan yang sebenarnya penting bagi mereka menjadi penting pula bagi kita selaku khalayak, karena jika kita tidak mengikuti fashion saat ini kita bisa saja dianggap kuno. Tapi tidak semua pengguna media juga langsung mengikuti atau membeli apa yang mereka lihat di media online, namun jika dilihat secara terus menerus dan berulang terkadang akan ada pengaruh dan influs tersendiri untuk memiliki barang-barang ini entah dibeli secara online maupun secara lansung.

Harus diingat bahwa setiap barang yang kita pesan via online tidak selalu sama dengan apa yang kita lihat secara langsung, jadi setiap barang yang ingin dibeli sebaiknya di pastikan lagi kualitasnya lewat bertanya kepada si penjual atau bertanya pada orang yang sudah pernah membeli sebelumnya. Fashion memang boleh kita ikuti perkembangannya, namun kita juga harus menyesuaikannya dengan keadaan dan tempat kita berada, misalnya saat kita berada di dalam lingkugan kerja kita tidak mungkin berpenampilan glamor. Kita juga harus pintar memadu padankan pakaian yang kita pakai dengan kepribadian kita bahkan postur tubuh, jika bertubuh kecil kita harus bisa melihat baju yang tidak kebesaran dan pas untuk digunakan begitu pula yang lainnya. Bagi para penggemar fashion online jangan lupa menyediakan bajet tersendiri untuk berbelanja, karena bisa saja anda menjadi ketagihan berbelanja hingga pengeluaran akan membengkak. Dan jangan lupa mengutamakan kenyamanan saat menggunakan pakaian tersebut, karena percuma bila kita tampil trendi tapi sebenarnya tidak nyaman mengenakannya. So check your instagram now!

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun