Mohon tunggu...
Thian Hendrawan
Thian Hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas SDN 1 Batukaras

Berbagi Informasi mudah mudahan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Minggu ke 11

26 Maret 2023   09:51 Diperbarui: 4 April 2023   02:38 2061
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disusun oleh : Thian Hendrawan, S.Pd

CGP Angkatan 6 Kabupaten Pangandaran

Jurnal Refleksi dwi mingguan dalah jurnal yang ditulis dari kegiatan lokakarya ke 5 angkatan 6.

Refleksi Model 4-F yaitu  Fact, feeling, finding dan future.

1. Fact

Sebelum kegiatan lokakarya saya melaksanakan pendampingan individu dengan agenda supervisi akademik dengan metode coaching, dalam pelaksanaan dilaksanakan secara santai namun bermakna. PP melakukan observasi ketika saya melakukan coaching kepada rekan sejawat. Diawal kegiatan pasca observasi rekan sejawat berkata perasaannya sangat panik karena menurutnya baru pertama kali melaksanakan kegiatan ini. dalam wawancaranya saya menggunakan teknik coaching dengan tahapan TIRTA, dimana saya bertanya dimulai dari menanyakan perasaan, apakah menurut ibu area pengembangan pembelajaran sudah tercapai, kemudian adakah kendala, bagaimana kedapan ibu akan mengatasinya. Kegiatan PI ditutup dengan menanyakan PP kepada CGP tindak lanjut dari kegiatan ini apa.

Setelah kegiatan PI dilanjutkan dengan Kegiatan lokakarya dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan tatap muka antara CGP dengan CGP satu kabupaten Pangandaran. yang bertempat di SMPN 1 Parigi. Acara tersebut didampingi secara langsung oleh masing- masing PP. dalam pelaksanaannya kegiatan di awali dibuka oleh Kasi Pembinaan SD Ibu Nia dan Pa iyus. Kemudian dilanjutkan pemaparan dari BBGP Provinsi Jabar, bahwasanya guru penggerak harus mampu menggerakan komunitas di daerahnya, melalui kegiatan KKG yang berisi kegiatan menyebarkan pemahaman yang diperoleh dari PGP untuk ditularkan kepada rekan sejawat.

Kegiatan ini berfokus pada program positif yang bedampak pada murid. dalam kegiatan setiap peserta dibagi kelompok, setiap kelompok saling membagikan program masing- masing dan setiap program diumpan balik oleh rekannya, kemudia nanti dipresentasikan 1 program yang dipilih berdasarkan kesepakatan rekan kelompok. Untuk kelompok saya diwakili oleh pa joni dengan menyampikan program literasi digital, hal ini dilatarbelakangi tersedia alat IT disekolah tapi tidak digunakan secara optimal, selain itu peran informasi yang dulu hanya dari buku teks ternyata murid sebagian besar sudah tidak menyukainya mereka lebih nyaman dengan membaca buku di gadget mereka. program mendapat tanggapan dari kelompok lain bahwasanya program tersebut sangat relevan dengan kodrat zaman murid. kegiatan selanjutnya dilanjut tugas individu untuk mempresentasikan program posiif yang berdampak pada murid. program yang dipresentasikan dengan menggunakan alat bantu BAGJA,B ( Buat Pertanyaan, A-ambil pelajaran, G-gali mimpi, J-jabarkan rencana, dan Aksi). Namun loka karya ini hanya pada tahap BAG. Untuk tahap B-buat pertanyaan dari program saya yang bernama Sabon ( Sabtu Ngebon). Dalam tahapan B ( dimulai dari pertanyaan kegiatan Aktivitas kegiatan apa yang dapat meningkatkan keterampilan sosial murid, dengan menguatkan karatkter profil pelajar pancasila sekaligus menumbuhkan kepemimpinan murid. Untuk Tahapan Ambil Pelajaran, Sekolah mana yang telah melaksanakan seperti ini. dan terakhir gali mimpi, Program Sabon yang seperti apa yang diinginkan semua warga sekolah. 

Pemaparan program saya mendapat umpan balik dari rekan dan PP, bahwasanya program tersebut sangat menarik dimana indonesia yang mayoritas dan lahannya perkebunan tapi masyarakat indonesia tidak berkeinginan untuk menjadi petani

2. Feeling

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun