Mohon tunggu...
mukhamad khoufwildan
mukhamad khoufwildan Mohon Tunggu... Guru - seorang mahasiswa yang gabut

saya suka main game dan suka bermain futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendampingan Rebana di MI Tegalroso

10 November 2024   23:48 Diperbarui: 10 November 2024   23:50 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rebana adalah alat musik perkusi yang berbentuk bundar dan pipih, biasanya terbuat dari kayu dengan satu sisi yang dilapisi kulit binatang, seperti kulit kambing. Alat ini merupakan bagian integral dari budaya Melayu dan sering digunakan dalam berbagai acara keagamaan dan seni pertunjukan, terutama dalam konteks Islam. 

Rebana diperkirakan berasal dari Timur Tengah dan telah ada sejak zaman Mesopotamia. Alat musik ini mulai dikenal luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, sekitar abad ke-16 Masehi. Dalam konteks Islam, rebana digunakan sebagai alat untuk berdakwah dan melantunkan puji-pujian kepada Allah dan Nabi Muhammad 

Fungsi dalam Budaya

Rebana berfungsi tidak hanya sebagai alat musik, tetapi juga sebagai media untuk menyampaikan pesan spiritual. Dalam banyak komunitas Muslim, rebana dimainkan dalam acara-acara seperti perayaan hari besar Islam, pengajian, dan ritual keagamaan lainnya. Kesenian ini sering kali melibatkan nyanyian sholawat atau kasidah yang mengandung nilai-nilai keagamaan 

Mendampingi latihan rebana anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dapat dilakukan dengan pendekatan yang menyenangkan dan edukatif. Berikut adalah beberapa langkah dan tips yang dapat diikuti:

 Persiapan Sebelum Latihan
1. Pemilihan Alat: Pastikan rebana yang digunakan dalam kondisi baik. Periksa kualitas suara dan setelan rebana agar sesuai untuk latihan[2].
2. Ruang Latihan: Siapkan ruang yang cukup luas dan nyaman untuk latihan, dengan pencahayaan yang baik.

 Metode Pengajaran
1. Pengenalan Alat: Mulailah dengan mengenalkan alat rebana kepada anak-anak. Tunjukkan cara memegang dan menghasilkan bunyi dari rebana.
2. Teknik Dasar: Ajarkan teknik dasar memukul rebana, seperti:
   - Menggunakan dua jari untuk memukul pinggiran.
   - Memukul bagian tengah untuk menghasilkan bunyi yang berbeda.
   - Mengajarkan variasi bunyi seperti "tak", "dung", dan "pak" untuk membentuk ritme.

 Aktivitas Latihan
1. Latihan Ritme: Ajak anak-anak untuk berlatih ritme sederhana terlebih dahulu sebelum memasukkan lagu. Gunakan lagu-lagu yang familiar bagi mereka untuk menjaga semangat.
2. Bersenandung Sholawat: Integrasikan latihan rebana dengan bersenandung sholawat. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan musikal tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual1.
3. Sesi Praktik: Berikan waktu bagi anak-anak untuk berlatih secara individu maupun kelompok, sehingga mereka dapat belajar saling mendengarkan dan berkolaborasi.

 Membangun Keterampilan Sosial
1. Kerja Sama Tim: Dorong anak-anak untuk bekerja sama dalam kelompok kecil, sehingga mereka belajar berkomunikasi dan berkolaborasi.
2.Feedback Positif: Berikan umpan balik positif selama latihan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

 Penutup
Setelah sesi latihan, lakukan evaluasi singkat dengan bertanya kepada anak-anak tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana perasaan mereka saat bermain rebana. Ini akan membantu mereka merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk terus belajar.

Dengan pendekatan yang tepat, mendampingi latihan rebana di MI dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan musikal serta sosial anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun