Mohon tunggu...
Edi Sabara
Edi Sabara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Edi Sabara

The Village Society

Selanjutnya

Tutup

Money

Riset Pasar Pelaku Bisnis

30 April 2017   10:58 Diperbarui: 30 April 2017   12:17 5909
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://isngs.com/conduct-market-research/

Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan agar produk yang di pasarkan bisa sukses dalam penjualan dan memiliki konsumen yang loyal terhadap produk . Dalam tulisan ini saya ingin sharing untuk teman-teman tentang pentingnya riset pemasaran agar teman-teman bisa sukses bersaing di pasar.

Dalam beberapa tahun ini pertumbuhan produk dalam negeri mengalami peningkatanyang signifikan ,terutama dengan semakin bermunculan nya usaha kelompok masyarakat (UKM) dan yang di kelola oleh pemerintah desa melalui BUMdesa (Badan Usaha Milik Desa) .  Tentunya semua tahapan sukses dalam menjual produk , setiap perusahaan melakukan strategi pemasaran yang kreatif dengan melalui beberapa tahapan .  Salah satu tahapan yang penting adalah melakukan riset pemasaran , yaitu melakukan penelitian tentang apa saja yang di butuhkan pasar dan masyarakat tertutama yang berkaitan dengan jenis produk yang akan kita pasarkan.

Beberapa Ahli pemasaran memilki pendapat tentang definisi riset pemasaran . Philip Kotler sebagai salah satu ahli pemasaran dunia mendefinisikan riset pemasaran sebagai perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

Menurut Malhotra Riset Pemasaran Adalah Suatu Proses  Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data Informasi, Analisis dan Penyajian Informasi Secara Sistematis dan Obyektif Yang akan digunakan  managemen dlm mengambil keputusan Serta Memecahkan permasalahan yg berhubungan dgn Pemasaran.

Marketing Association (McDaniel, 2001) berpendapata bahwa , riset pemasaran secara formal didefinisi sebagai fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar (Marketer) melalui informasi-informasi Yang digunakan untuk melakukan identifikasi Sertan mendefinisikan  peluang dan masalah pemasaran; serta menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya serta memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Riset pemasaran juga membantu perusahaan mengetahui detail siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan , serta dapat mengetahui kondisi persaingan untuk jenis produk yang sama dengan yang kita jual . Pelaksanaan riset pemasaran ini bisa dilakukan oleh perusahaan sendiri atau menggunakan jasa perusahaan yang ahli di bidang strategi pemasaran  , semua bisa kita sesuaikan dengan kemampuan biaya pemasaran yang ada di perusahaan .

Beberapa Alasan mengapa Riset Pemasaran Penting  :

  • Mengetahui Informasi yang tepat sesuai dengan kondisi pasar
  • Proses pelaksanaan riset pemasaran ini diharapkan perusahaan akan mendapatkan informasi banyak hal tentang kondisi pasar , antara lain:
  • Informasi tentang kebutuhan pasar
  • Informasi tentang harga produk
  • Informasi tentang perusahaan dan produk pesaing
  • Informasi tentang kualitas produk yang di inginkan
  • Informasi tentang produk yang sekarang sedang laku di pasar.
  • Informasi tentang sistem jaringan distribusi
  • Informasi tentang model promosi produk di pasar
  • Perkembangan Marketing Yang Semakin Kreatif
  • Seiring perkembangan teknologi internet dan pemasaran online semakin tumbuh berkembang pesat , tentunya persaingan antar perusahaan menjadi semakin tinggi dengan berbagai strategi kreatif yang harus di lakukan . Untuk itu sebelum produk di pasarkan perlu membuat penelitian / riset di lapangan agar bisa memilih strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kriteria pasar yang di tuju .
  • Membuat efektifitas waktu dalam mengambil keputusan
  • Setiap manajer pemasaran tentunya harus membuat keputusan yang tepat dengan target waktu yang sudah di sepakati dengan perusahaan . Dengan turun langsung melihat kondisi di pasar , para manajer tidak perlu lagi repot membuat analisa tentang situasi pasar , karena bisa langsung mengetahui dengan turun melakukan riset / penelitian.
  • Menciptakan Jaringan Distribusi Produk .
  • Dalam proses akhir pemasaran hal yang terpenting adalah distribusi . Bagaimana produk bisa sampai ke pasar dengan tepat dan efektif . Untuk itu kita harus melakukan perencanaan model saluran distribusi . Untuk itu diperlukan riset tentang bagaimana jaringan distribusi dan siapa saja distributor yang akan menjadi mitra perusahaan ke depan.

Riset pemasaran ini merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan- perusahaan yang sekarang telah sukses dan memulai riset pemasaran ini sejak dari usaha awal berjalan hingga menjadi perusahaan besar, untuk itu para pelaku ukm , bumdesa , koperasi dan perusahaan yang baru berdiri sekalipun sangat dianjurkan untuk melakukan riset pasar.

Banyak perusahaan yang baru berdiri mungkin menganggap riset pasar ini tidak begitu perlu dengan alas an khawatir aka nada biaya yang besar untuk melakukan kegiatan ini , akan tetapi sebenarnya bahwa besar kecil nya biaya untuk melaksanakannya tergantung kreatifitas perusahaan terutama bagian marketing untuk membuat strategi riset yang kreatif .

Beberapa metode survei yang bisa di lakukan oleh perusahaan untuk riset adalah sebagai berikut :

  • Wawancara langsung
  • Survei langsung di pasar seperti pusat perbelanjaan tradisional maupun modern dengan membuat kegiatan beberapa hari untuk meminta konsumen mengisi kuesioner dan cara ini memerlukan dan biaya yang lebih mahal dari model lain nya.
  • Wawancara melalui telepon
  • Survei melalui saluran telekomunikasi  dengan melakukan wawancara telepon pada data konsumen pada database yang dimiliki perusahaan .
  • Wawancara melalui surat / e-mail
  • Metode ini semakin gencar di lakukan sejak trend pemasaran online semakin meningkat , dan metode ini cenderung lebih murah secara biaya dan tidak banyak memerlukan tenaga riset.
  • Beberapa data penting yang harus di miliki oleh setiap perusahaan untuk proses riset adalah sebagai berikut :
  • Data Pelanggan dan Calon Pelanggan
  • Data Distributor Eceran
  • Data Distributor Besar
  • Data Periklanan
  • Data Media dan publikasi
  • Data Industri

Riset pasar harus dilakukan secara terus menerus dengan melakukan evaluasi secara berkala , perusahan juga harus mengalokasikan sebagian dari total biaya pemasaran untuk riset pasar . Tentunya setiap BUMdesa dan semua usaha kecil menengah bisa belajar dari rahasia mengapa perusahaan – perusahaan besar di Indonesia bisa sukses hingga sekarang , salah satu nya melakukan Riset Pasar yang kreatif dan akurat .  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun