Mohon tunggu...
Putra Saputra
Putra Saputra Mohon Tunggu... -

I am

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Pengalaman Pertama Backpacker Sendiri ke Luar Negeri (Singapura) : Bagian 2

8 November 2014   04:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:20 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat, 31 Januari 2014

Di 5footway Inn ini menyediakan fasilitas breakfast bagi tamu-tamunya. Ada sebuah ruangan terbuka yang terdapat peralatan memanggang roti ataupun membuat kopi/teh sekaligus sebagai tempat makan bersama. Namun entah kenapa saya malas memanfaatkan fasilitas tersebut. Sebenarnya agak beda tipis, antara malas atau ndeso. Ndeso karena tidak tahu cara menggunakan alat-alat tersebut. Saya malah lebih memilih sarapan dengan roti sobek yang saya bawa dari Jakarta, tinggal kunyah dan tak perlu repot. Minumannya saya beli semalam di 7 Eleven. O iya, berbicara sedikit tentang 7 Eleven, ada perbedaan antara 7 Eleven di Singapura dan di Jakarta. Jika 7 Eleven di Jakarta cenderung sebagai tempat nongkrong untuk kaum menengah ke atas, 7 Eleven di Singapura justru kecil dan sederhana, sama dengan Alfamart/Indomaret biasa bila di Jakarta. Selain 7 Eleven, minimarket yang banyak dijumpai di Singapura adalah “Cheers”.

Kembali lagi ke perjalanan. Tujuan utama saya hari ini adalah ke Universal Studio, atau orang sana biasa menyebutnya dengan USS (Universal Studios Singapore). Saya membeli tiketnya di penginapan seharga 68 SGD, dari harga normal 74 SGD. Pembelian tiket USS ini adalah pengeluaran terbesar saya selama di Singapura. Saya juga baru tahu jika di penginapan ternyata menjual bermacam tiket wisata dengan harga lebih murah dibanding membeli langsung di lokasi wisata. Selain tiket USS, ada juga tiket Singapore Flyer, Singapore Zoo, Hoho Bus, dsb. Dan kita tidak perlu menjadi tamu di penginapan untuk bisa membeli tiket di sini.

USS bisa dicapai dengan menggunakan kereta ataupun bus.Namun saya hanya akan membahas akses menggunakan kereta. Dari stasiun MRT Chinatown, saya bertolak menuju stasiun MRT Harbour Front yang letaknya berhubungan langsung dengan Vivo City Mall. Untuk bisa sampai ke USS ataupun tempat wisata lainnya di Pulau Sentosa, kita masih harus berpindah kereta dari MRT ke monorail Sentosa Express. Nah, pemberhentian monorail Sentosa Express ini ada di lantai 3 Vivo City Mall. Walau Vivo City ini mall besar dan belum pernah ke sana sebelumnya, jangan khawatir bakal tersesat. Lagi-lagi signage di sini bekerja sangat baik. Dari kemarin, setiap saya membutuhkan penunjuk arah, saya bisa langsung melihatnya tak jauh dari tempat saya berdiri, jadi tak perlu berepot-repot lagi bertanya ke orang lain.

Tempat penjualan tiket Sentosa Express bersebelahan dengan sebuah foodcourt, yang di dalamnya saya juga melihat sejumlah kedai masakan Indonesia seperti ayam penyet, dapur sunda, dan masakan padang. Tak hanya tiket Sentosa Express yang dijual disini, ada juga loket berbagai atraksi di Pulau Sentosa, termasuk tiket USS. Tiket Sentosa Express dijual seharga 4 SGD untuk perjalanan pulang pergi. Kita bisa membelinya di mesin otomatis ataupun di loket yang ada petugasnya. Antrean orang yang naik Sentosa Express lumayan ramai, apalagi hari ini juga bertepatan dengan hari libur nasional Singapura karena merayakan Tahun Baru China. Namun karena frekuensi keberangkatan Sentosa Express lumayan cepat, saya tak perlu lama menunggunya.

Sentosa Express berhenti di tiga stasiun pemberhentian, yaitu Water front Station bagi yang ingin turun di USS dan Resort World Sentosa, Imbiah Station bagi yang turun di Imbiah Look, dan Beach Station bagi yang ingin mengunjungi kawasan pantai. Tiket Sentosa Express berlaku flat untuk semua tujuan, termasuk jika ingin berpindah antar stasiun. Misal dari USS kita ingin menuju ke pantai-pantai di sekitar Beach Station ataupun sebaliknya, kita tak perlu lagi membayar tiket. Sekitar 5 menit perjalanan, kereta tiba di Waterfront Station, dan saya pun turun.

Saat saya tiba, USS belum buka karena jam operasionalnya memang baru dimulai jam 10 pagi. Meski demikian, antrean orang yang ingin masuk sudah sangat panjang. Yang menarik perhatian pengunjung di depan USS adalah sculpture bola dunia raksasa bertuliskan Universal Studio. Banyak sekali orang yang berfoto-foto disitu. Saya pun juga sering melihat di facebook dimana orang-orang berfoto dengan latar bola dunia tersebut, walau kenyataannya banyak dari mereka yang tidak sampai masuk ke dalam USS. Saya pikir tanggung kalau cuma di luar saja, toh belum tahu bakal bisa kembali kesini atau tidak. Saya pun tak ketinggalan ingin berfoto disitu. Dan sekali lagi, inilah permasalahan utama seorang single traveler, selalu repot jika ingin sedikit narsis. Apalagi kala itu belum popular yang namanya tongsis. Celingukan kesana kemari, akhirnya saya menemukan orang yang bersedia memotret saya. Alhamdulillah, lega rasanya. Rasanya sama seperti kemarin saat berhasil foto dengan latar Merlion Park dan Marina Bay Sands.

[caption id="attachment_352334" align="aligncenter" width="300" caption="Bola Dunia Universal Studio"][/caption]

Pintu USS akhirnya dibuka. Sebagaimana tempat hiburan sejenis lainnya, USS dibagi menjadi beberapa zona. Ada 7 zona di USS, yaitu Hollywood, Madagascar, Far Far Away, The Lost World, Ancient Egypt, Sci-Fi City, dan New York. Selengkapnya tentang USS bisa dilihat di www.sentosa.com.sg. Pertama kali masuk ke dalam USS, perhatian saya langsung tertuju ke toko souvenir di zona Hollywod karena memang letaknya paling depan. Saya masuk ke dalamnya. OK, saya menemukan tempat untuk membeli souvenir. Dari awal kedatangan di Singapura, saya memang berniat untuk membeli 1-2 barang saja namun yang original dan kualitas lumayan. Tapi sebelum saya berbelanja, saya ingin bersenang-senang dulu, urusan belanja nanti setelah akan pulang.

[caption id="attachment_352335" align="aligncenter" width="300" caption="Zona Hollywood"]

14153632661361132781
14153632661361132781
[/caption]

Suasana di USS sebenarnya tak jauh beda dengan Dunia Fantasi di Jakarta. Hanya saja di USS lebih luas dan lebih rapi. Beberapa wahana pertama yang saya coba masih terasa biasa saja, karena yang saya cari disini adalah wahana-wahana ekstrim. Pencarian saya akhirnya terjawab ketika di zona Ancient Egypt, saya mencoba yang namanya Revenge of the Mummy. Sebelumnya saya tidak tahu-menahu soal permainan ini. Ketika akan masuk, semua barang (tas, hp, kacamata, dsb) wajib dititipkan di loker. Dan antrean untuk wahana ini sungguh panjang sekali, pertanda jika wahana ini menjadi favorit. Saat mendekati antrean, saya mendapati tulisan“single rider”. Alhamdulillah ya, rejeki anak sholeh. Ternyata di wahana ini ada antrean khusus bagi single rider alias yang datang sendiri. Antreannya sangat sepi layaknya VVIP, hanya ada dua orang di antrean ini saat saya sudah tiba di ujung. Mungkin ini bisa dimanfaatkan bagi yang datang berdua atau bertiga namun ingin cepat menaiki wahana, masuk saja lewat jalur single rider. Tapi jangan berbarengan ya, masuknya satu persatu, selang satu menit kemudian baru masuk yang lainnya. Untuk sementara jangan saling berbicara dulu ataupun pura-pura tidak saling mengenal, biar petugasnya tidak curiga. Hehehe. Sangat mempersingkat waktu, jika di single rider bisa menaiki wahana hanya dengan menunggu 5 menit, di antrean normal bisa sampai lebih dari 30 menit.

[caption id="attachment_352336" align="aligncenter" width="300" caption="Revenge of the Mummy"]

14153634991611154283
14153634991611154283
[/caption]

Permainannya naik semacam kendaraan yang kurang lebih sama dengan permainan rollercoaster. Kemudian kita dibawa masuk ke dalam ruangan yang benar-benar gelap, sama sekali tak ada cahaya. Nah, disinilah ketegangannya dimulai. Intinya sih hampir sama dengan wahana halilintar di Dufan. Bedanya yang ini indoor dan kita tidak bisa melihat bentuk arenanya seperti apa. Cuma bisa diam pasrah mengikuti keinginan sang operator wahana. Pergerakan rollercoasternya variatif, bisa naik turun, maju mundur, dengan kecepatan tinggi ataupun tiba-tiba berhenti. Gila. Benar-benar bikin copot jantung. Contohnya saat rollercoaster bergerak naik dan sudah di ujung, bukannya terus maju kemudian turun, tapi malah tiba-tiba saja bergerak mundur dengan kecepatan tinggi. Saya berteriak terus sekencang-kencangnya sepanjang permainan. Hahaha. Di rombongan saya ada anak kecil usianya kurang lebih 10 tahun yang menangis terus di sepanjang permainan, bahkan masih terus menangis meski sudah di luar wahana. Pokoknya permainan ini seru habis!

Selain Revenge of the Mummy, wahana lain yang menjadi favorit saya adalah Transformer the Ride di zona Sci-Fi City. Seperti namanya, wahana ini membawa kita ke dunia petualangan transformer. Permainannya menggunakan kereta semacam rollercoaster. Tidak setegang Revenge of the Mummy, tapi efek yang dihasilkan lumayan nyata, jadi suasana peperangan layaknya di film transformer bisa cukup terasa. Wahana ini keren dan futuristik. Sama seperti di Revenge of the Mummy, di wahana ini juga ada jalur antrean “jomblo rider”. Eh salah, maksudnya “single rider”. Hehehe. Lagi-lagi rejeki anak sholeh. Cukup mengantre 5 menit, sementara di antrean normal bisa lebih dari 30 menit.

[caption id="attachment_352351" align="aligncenter" width="300" caption="Zona Sci-Fi City"]

14153656681694715568
14153656681694715568
[/caption]

Sebenarnya ada satu wahana lagi yang menjadi incaran saya sewaktu masih di Jakarta. Namanya Battlestar Galactica, yang juga terdapat di zona Sci-Fi City. Battlestar Galactica adalah halilintarnya USS dengan lintasan yang lebih menantang dibanding halilintar Dufan. Belum lagi ada bentuk kendaraan rollercoasternya dimana penumpang berada di bawah lintasan, sehingga posisinya seperti duduk sambil melayang-layang, membuat Battlestar Galactica terlihat makin ekstrim. Sayangnya, saat itu wahana sedang dalam maintenance sehingga tidak bisa dipakai. Saya tidak terlalu kecewa, karena sudah mengetahui kabar ini sejak dari Jakarta. Dan memang Battlestar Galactica sedang dalam masa perbaikan sejak 2013 lalu, serta belum ada informasi kapan bisa beroperasi kembali.

[caption id="attachment_352355" align="aligncenter" width="300" caption="Battlestar Galactica"]

1415365971972224501
1415365971972224501
[/caption]

Bagi saya pribadi, ketiga wahana di atas lah yang menjadi favorit saya, walaupun belum merasakan Battlestar Galactica. Wahana-wahana lain juga menarik, namun karena saya menyukai permainan yang seru dan ekstrim, yang lain terasa biasa. Apalagi saya tidak menjumpainya di Dufan. Bukan berarti Dufan kalah segalanya dibanding USS. Di USS tidak terdapat wahana-wahana menantang semacan tornado ataupun hysteria seperti di Dufan. Jadi masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lelah bermain-main, perut pun menjadi lapar. Saatnya mencari tempat makan yang sesuai di lidah maupun kantong. Banyak tempat makan yang tersebar di seluruh zona di dalam USS. Pilihan saya jatuh pada Discovery Food Court yang berada di zona The Lost World. Disini menyediakan menu aneka masakan melayu (Singapura, Malaysia, Indonesia). Saya pun mencoba menu nasi ayam Hainan khas Singapura. Jika di luar, ongkos sekali makan plus minum rata-rata 5-8 SGD, sedangkan di foodcourt ini rata-rata 10-15 SGD sekali makan. Dan rasa nasi ayam Hainan disini enak banget. Sumpah! Saya sangat lahap menyantapnya, ditambah puding segar plus es jeruk sebagai pencuci mulut. Saya juga sempat jajan bakpao yang dijual di depan Discovery Food Court. Ukurannya jumbo, dan lagi-lagi rasanya enak banget. Hahaha. Pokoknya jangan takut kelaparan kalau di dalam USS ini.

[caption id="attachment_352359" align="aligncenter" width="300" caption="Nasi Ayam Hainan Discovery Food Court"]

1415366551286727042
1415366551286727042
[/caption]

Tak terasa hari menjelang sore. Badan lumayan capek setelah bermain di hampir seluruh wahana di USS. Waktunya untuk meninggalkan USS dan melanjutkan perjalanan. Sebelum keluar dari USS, saya sempatkan membeli kaos di toko souvenir di zona Holywood yang sudah saya incar sejak pertama masuk tadi. Sebagaimana harga makanan, harga souvenir disini tentu saja lebih mahal dibanding di luar. Jika di Chinatown harga rata-rata kaos 5 SGD (bahkan kurang jika pintar menawar), maka disini harga rata-rata 20-30 SGD untuk sebuah kaos. Saya membeli sebuah kaos bertuliskan Universal Studios Singapore. Lega rasanya. Target membeli souvenir original yang menampilkan identitas Singapura telah tercapai.

[caption id="attachment_352361" align="aligncenter" width="300" caption="Happy Feet Show"]

14153666531224077687
14153666531224077687
[/caption]

[caption id="attachment_352363" align="aligncenter" width="300" caption="Shrek 4D Adventure"]

14153668651038595060
14153668651038595060
[/caption]

[caption id="attachment_352364" align="aligncenter" width="300" caption="Atraksi Modern Dance"]

14153669791850589622
14153669791850589622
[/caption]

[caption id="attachment_352365" align="aligncenter" width="300" caption="Zona New York"]

1415367122952513837
1415367122952513837
[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun