[caption id="attachment_272644" align="aligncenter" width="608" caption="Perbandingan mobil DTM dan F1"][/caption] Anda pecinta motorsport, Mungkin Motorsport lovers ingin mengetahui lebih dalam tentang mobil DTM dan Formula 1. Mari saya simak perbandingannya secara fakta: BERAT MOBILBerat Mobil DTM sejak 2012 sih sekitar 2447 lbs (1110 kilogram) sedangkan mobil F1 beratnya 1411 lbs (640 kg). Jadi intinya mobil DTM lebih berat dari mobil F1. KECEPATAN MOBIL Kalau diuji, mobil F1 justru lebih cepat dari mobil DTM. Mobil F1 berkecepatan 350-360 km/h, sedangkan mobil DTM berkecepatan 270-280 km/h. MESIN kalau soal mesin, DTM dan F1 sama-sama pakai V8 (musim 2014 F1 pakai V6), DTM sih umumnya mesinnya 2x DOHC, sementara F1 pakai DOHC. Kalau soal kapasitas mesin, kalau yang DTM berkapasitas 4000 cc sementara F1 2400 cc (mulai 2014 kapasitas mesin F1 1600cc). F1 memiliki rev limiter 18000 RPM sementara DTM 9000 RPM. SASIS DAN MOBIL Kalau soal sasis, mobil DTM menggunakan bahan serat karbon monokok, Roll Cage besi tahan karat dan juga CFRP sementara F1 pakai sasis serat karbon monokok dengan struktur honeycomb. KEKUATAN MOBIL kalau dilihat kekuatannya, mobil F1 berkekuatan 800-900 hp, sementara DTM 500 hp. F1 memakai KERS dengan extra power sementara DTM tidak memakai KERS (sistem Pemulihan Energi Kinetik). KESELAMATAN Mobil DTM pun banyak memakai keselamatan yaitu memakai Sabuk Pengaman buatan SABELT. Sejak musim 2012, DTM telah menerapkan sel keselamatan yang ketat demi mencegah kecelakaan fatal dan dibuat dengan serat Karbon yang ketat sementara F1 pun pakai Sabuk Pengaman. DTM dan F1 pembalapnya sama-sama pakai helm dan Pelindung Leher dan Kepala (HANS Device). Kontrol traksi F1 pun dilarang sementara DTM dibolehkan kontrol traksi [caption id="attachment_272647" align="aligncenter" width="605" caption="Kokpit Mobil DTM dan F1"]
KOKPIT Secara fakta, kokpit DTM memang tertutup atap mobil, kokpit DTM di sebelah kiri dalam mobil. Setir mobil DTM seperti F1 tapi display mobil dipisahkan. Setir mobil DTM pun pakai 10 tombol yaitu Radio, Caliper, Brake, Drink, Starter, Flash, Pitspeed, Neutral, Wiper, Reset. Di F1 pun setirnya lebih dari 10 tombol tapi displaynya pakai LCD. Display mobil DTM di dashboard pakai LCD yang disuplai Bosch pun lengkap ada Lap Time, Gear, Telemetry, Lap, Speed, Voltage, Best Lap Time, dll. Soal pengatur gigi, DTM tahun 2000-2011 pun pakai stik pengatur gigi tapi sejak 2012 pengatur gigi mobil DTM pun pakai Paddle Shifter yang sama seperti F1, IndyCar, dll. SPESIFIKASI: Mobil DTM: Panjang: 4650 mm Lebar: 1950 mm Tinggi: 1150 mm Sumbu roda: 2750 mm Berat: 1110 kg (termasuk pembalap) Kecepatan Maksimum: 280 km/h Mobil F1: Panjang: 4800 mm Lebar: 1800 mm Tinggi: 950 mm Sumbu roda: 3000 mm Berat: 640 kg (termasuk pembalap) Kecepatan Maksimum: 360 km/h [caption id="attachment_272562" align="aligncenter" width="576" caption="Sayap Belakang mobil Audi RS5 DTM dengan Drag Reduction Systems"]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H