Artikel ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Perilaku Konsumen.
Kelompok 1 - Kelas B
Anggota :
Diana Khoirunnisa (2110411098)
Chasna Alifia Sya'bana (2110411113)
Rehayl M.R. (2110411121)
Roziq Gita Satria (2110411125)
Theresia Avilla Resti Ayu Marganingsih (2110411311)
Perkembangan zaman telah membawa masyarakat pada berbagai macam pilihan, salah satunya dalam hal membeli suatu produk. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pembelian produk saat ini dapat dilakukan lewat berbagai cara, baik itu secara offline/tradisional maupun online. Dari sini dapat dikatakan bahwa pasar sebagai sarana penyedia produk bagi konsumen juga dapat dibagi menjadi pasar offline dan pasar online.
Â
Jika berpegang pada kata offline dan online saja, mungkin masing-masing dari kita telah mengetahui perbedaan besar diantara dua jenis pasar tersebut, dimana pasar offline akan melayani konsumen secara langsung, sedangkan pasar online akan memanfaatkan media online untuk melayani konsumen. Akan tetapi, ketika ditelusuri dari segi konsumen, maka akan berhubungan dengan keputusan pembelian produk diantara kedua jenis pasar itu sendiri. Hal ini yang mendasari munculnya pertanyaan, apa yang mendasari konsumen dalam menentukan keputusan pembelian antara pasar offline dan pasar online?