Mohon tunggu...
THERESIA SRI RAHAYU
THERESIA SRI RAHAYU Mohon Tunggu... Guru - Guru Penulis

just an ordinary person

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ayo, Kenali Restitusi sebagai Solusi Atasi Permasalahan di Sekolah!

27 Agustus 2024   21:03 Diperbarui: 27 Agustus 2024   21:06 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata disiplin? 

Hukuman, konsekuensi, taat, takut atau kata yang lainnya? 

Diane Gossen dalam bukunya yang berjudul "Restructuring School Discipline, 2001, menyatakan bahwa kata disiplin berasal dari Bahasa Latin,'disciplina', yang artinya 'belajar'. Kata 'discipline' juga berasal dari akar kata yang sama dengan 'disciple' atau artinya murid/pengikut. Diane menyatakan lebih lanjut bahwa untuk menjadi seorang murid atau pengikut, sesorang harus paham betul alasan mengapa mereka mengikuti suatu aliran atau ajaran tertentu sehingga motivasi yang terbangun adalah motivasi intrinsik, bukan ekstrinsik. 

Jadi sebenarnya disiplin tidak terikat maknanya dengan hukuman atau konsekuensi apalagi rasa takut. Melainkan sebagai upaya pembelajaran itu sendiri. Lantas apa yang dapat dipelajari ? Mari kita temukan jawabannya bersama-sama. 

Seringkali ketika kita menghadapi suatu permasalahan di sekolah yang disebabkan oleh pelanggaran terhadap peraturan yang telah dibuat, kita memberikan hukuman pada murid atau konsekuensi dengan tujuan mendisiplinkan mereka. Namun, ternyata apapun bentuk hukuman dan konsekuensi tersebut tidak sejalan dengan tujuannya. Alih-alih mendisiplinkan, tindakan tersebut justru membuat murid menjadi trauma, semakin memberontak, merasa gagal, dan jauh dari tujuan itu sendiri.

Tindakan terhadap suatu pelanggaran pada umumnya memang berbentuk hukuman atau konsekuensi. Namun, dalam konsep disiplin positif, ada solusi yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan yaitu melalui 'restitusi'. Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat (Gossen; 2004). Restitusi juga merupakan proses kolaboratif yang mengajarkan murid untuk mencari solusi untuk masalah mereka, dan membantu murid berpikir tentang orang seperti apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka harus memperlakukan orang lain (ChelsomGossen, 1996).

Di bawah ini adalah ciri-ciri restitusi yang membedakannya dengan program disiplin lainnya: 

  • Restitusi bukan untuk menebus keslaahan, namun untuk belajar dari kesalahan 
  • Restitusi memperbaiki hubungan
  • Restitusi adalah tawaran, bukan paksaan
  • Restitusi menuntun untuk melihat ke dalam diri
  • Restitusi mencari kebutuhan dasar yang mendasari tindakan 
  • Restitusi diri adalah cara yang paling baik
  • Restitusi fokus pada karakter bukan tindakan 
  • Restitusi menguatkan 
  • Restitusi fokus pada solusi 
  • Restitusi mengembalikan murid yang berbuat salah pada kelompoknya 

Perhatikan tabel di bawah ini mengenai 5 posisi kontrol guru dalam menerapkan restitusi berikut ini: 

www.studocu.com
www.studocu.com

Jika kita ingin menerapkan restitusi sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan di sekolah, maka kita dapat mengambil peran sebagai 'manajer'. 

lalu bagaimana langkah-langkah praktis atau tahapan dalam menerapkan restitusi? 

Ada 3 tahap dalam menerapkan restitusi yaitu: 

  • Menstabilkan identitas 
  • Validasi tindakan yang salah 
  • Menanyakan keyakinan

Lebih jelasnya mari kita lihat pada segitiga restitusi berikut ini: 

fazkaedu.id
fazkaedu.id

Restitusi membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai.


Melalui restitusi, ketika murid berbuat salah, guru akan menanggapi dengan cara yang memungkinkan murid untuk membuat evaluasi internal tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan mereka dan mendapatkan kembali harga dirinya. Restitusi menguntungkan korban, tetapi juga menguntungkan orang yang telah berbuat salah. Ini sesuai dengan prinsip dari teori kontrol William Glasser tentang solusi menang-menang.

Mari kita simak simulasi berikut mengenai praktik penerapan segitiga restitusi sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan di sekolah: Simulasi Penerapan Restitusi

Bagaimana, apakah bapak/Ibu sudah mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai restitusi dalam disiplin positif? 

Jika sudah, mari kita coba terapkan restitusi ini di kelas dan sekolah kita karena hal ini sangat bermanfaat dalam mewujudkan sekolah sebagai lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua warga sekolah. 

Jika Bapak/Ibu tertarik mendalami materi terkait disiplin positif, dapat menyimak video berbagi praktik baik tentang budaya positif yang saya lakukan melalui tautan berikut ini: Praktik Baik Budaya Positif

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun