Mohon tunggu...
Theresia Ashley
Theresia Ashley Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mempunyai hobi menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Narasi Tentang Geladi Hominisasi

25 Oktober 2022   16:37 Diperbarui: 25 Oktober 2022   16:40 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama proses mengikuti geladi hominisasi, saya diberikan beberapa tugas oleh panitia. Sebelum dapat mengikuti gelada yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober, saya diwajibkan untuk mengerjakan tugas terlebih dahulu. Tugasnya yaitu mendengar dan menghayati lagu "Indonesia Raya" dalam 3 stanza. Setelah itu, saya diminta untuk menulis tentang bagian syair dari lagu tersebut yang memiliki makna penting.

Selanjutnya saya menonton sebuah video dokumenter singkat tentang ketahanan pangan di Indonesia yang mempunyai kondisi memprihatikan. Saya memilih video yang mengangkat tema tentang makanan tradisional yang mulai jarang dikenal oleh anak muda. Saya menuliskan beberapa jawaban yang diminta yaitu tentang tantangan yang dihadapi oleh generasi muda terutama dalam bidang ketahanan pangan.

Setelah semua tugas pra geladi sudah saya tuntaskan, panitia mengirimkan link zoom meeting untuk diakses pada tanggal 23 Oktober. Ketika hari yang ditunggu telah tiba, saya mengikuti kegiatan geladi hominisasi ini dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 1 siang. Acara dibuka dengan kata sambutan dari ketua lembaga pengembangan humaniora. Selama acara berlangsung, peserta diwajibkan untuk on cam dan mengikuti seluruh kegiatan dengan baik.

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sangat diperlukan sebagai warga negara. Hal ini untuk mendukung dalam kegiatan sehari-hari kita tentunya sebagai pelajar. Jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mempermudah berbagai kegiatan. Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini yaitu mendapat pengetahuan bagaimana cara presentasi yang baik, melatih public speaking, dan meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan yang saya pelajari ini tentunya membantu dalam perjalanan kuliah terutama dalam mengerjakan tugas presentasi. Selain itu, cara saya untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa yaitu dengan mengembangkan potensi dalam diri saya terutama cara berkomunikasi yang baik dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun