Mohon tunggu...
Theresia Ursula Putri K G
Theresia Ursula Putri K G Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Parahyangan

Perkenalkan nama saya Theresia Ursula Putri K G dan biasanya keluarga serta teman-teman memanggil saya Tere. Bisa dibilang saya merupakan pribadi yang cukup aktif di lingkungan pertemanan saya. Namun, situasi pandemi yang tidak memungkinkan saya untuk keluar rumah, membuat saya menemukan hobi yang baru. Mendengarkan musik dan menonton film adalah beberapa contoh aktivitas yang saya lakukan ketika sedang menikmati waktu luang. Menjadi penikmat membuat saya menyadari bahwa karya seni bisa menjadi sarana ekspresi dan apresiasi bagi para pembuat dan penikmatnya. Salah satu contoh film yang saya gemari adalah film animasi yang kerap mengangkat tema misteri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cinta Kasih dalam Kebenaran

8 September 2022   18:50 Diperbarui: 8 September 2022   19:52 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam materi yang dijabarkan pada sesi "Cinta Kasih dalam Kebenaran" saya belajar banyak dari video serta podcast yang diberikan. Pertama adalah dalam video "Free Rider",  saya belajar bahwa menjadi free rider akan sangat menyulitkan bagi kelompok yang menaunginya. Seperti Uno, dia memberikan banyak alasan dan menjadi beban bagi kelompok. 

Serta Stella yang tidak tegas dan malah menjerumuskan Uno menjadi pemalas. Memang niat Stella membantu tapi malah membuat Uno menjadi tidak berkembang. Kedua adalah pada podcast bersama Kak Cherry dan Kak Rayhan. Mereka berpendapat bahwa di dunia kerja, kita dituntut untuk bekerja yang kolaboratif. 

Fenomena "Free Riders", numpang nama dalam suatu pekerjaan dapat dilihat dalam 2 sisi, tidak selalu negatif tetapi tetap ada sisi positif sebagai korban, kita bisa mendapat ilmu lebih (bisa lebih banyak belajar). Kita berusaha membuat teman-teman ke arah yang benar. Kalo jadi free riders, dapet untung ga ya? Kita harus tau alasan kenapa dia jadi free riders. Bisa dikecualikan apabila alasannya urgent dan diberikan kompensasi dalam kelompoknya. Tetapi, jika alasannya karena malas, harus bisa approach kalo free riders itu buruk. Sehingga kelompok tidak cuma sekedar bekerja profesional tapi juga bisa berhubungan dekat. 


Mengaplikasikan nilai-nilai SINDU versi Kak Cherry dan Kak Rayhan
1. Cherry : harus membiasakan diri dengan nilai-nilai baru, lama-lama jadi lekat dan bisa lebih termotivasi
2. Rayhan : Hidup sebagai pohon, kalo fondasinya ga kuat nanti bakal goyah. Jadi memastikan semuanya terarah dengan baik. Aktif dalam dunia perkuliahan dan bisa jadi ajang untuk berkembang

UNPAR

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun