Persuasi adalah usaha untuk mengubah perilaku, kepercayaan, atau tindakan seseorang. Menggunakan proses penulisan pesan persuasi ada 3 langkah yaitu:
Langkah 1: Rencanakan Pesan Anda, terdiri dari
Menganalisis situasi yaitu dapat mengidentifikasi sifat dan jumlah pesan tersebut dengan menganalisis audiens. Pertimbangkan sisi postif dan sisi negatifnya atas solusi yang anda berikan. Untuk memahami audiens dan mengkategorikan kebutuhan mereka, anda dapat merujuk keinformasi spesifik seperti demografi dan psikografi.
Mengumpulkan Informasiyaitu apa yang audiens Anda ketahui, yakini atau rasakan saat ini dengan apa yang anda inginkan untuk mereka ketahui, yakini atau rasakan sebagai akibat mereka menerima pesan Anda.
Memilih Media yang Tepat, Bila Anda tidak yakin bahwa Anda dapat menjangkau semua atau hampir semua audiens Anda dengan satu media, Anda akan memerlukan dua atau lebih media, seperti menindaklanjuti e-mail yang berisi kempanye dengan surat tertulis.
Mengatur Informasi Anda, batasi ruang lingkup anda agar melibatkan hanya informasi yang dibutuhkan untuk membantu audiens mengambil langkah berikutnya, ketika mengambil keputusan yang dipilih.
Langkah 2: Tulis Pesan Anda
Berikut adalah karakteristik untuk membangun kredibilitas dalam pesan persuasi yaitu gunakan bahasa yang sederhana, dukung pesan dengan fakta, sebutkan sumber Anda, jadilah seorang ahli, bangun landasan berpikir yang sama, jadilah orang yang objektif dan terakhir adalah tampilkan niat baik anda.
Langkah 3: Selesaikanlah Pesan Anda
Selesaikan pesan dengan cara mengevaluasi isi pesan Anda, cobalah untuk menilai argumen Anda secara objektif dan cobalah untuk tidak melebih-lebihkan kredibilitas anda.
Membuat Kerangka Pesan dengan Model AIDA, yaitu: