Berhasilkah "Pencitraan VS Kampanye" Ganjar Pranowo di Media Baru?
Media Baru, Sarana Publikasi Terpopuler
Pemilu 2024 tinggal satu tahun lagi, namun kondisi politik di dalam negeri sudah mulai dirasakan oleh khalayak atau rakyat dalam realitas sehari hari seperti menggeliatnya berita berita politik di media konvensional, diskusi politik di kalangan akademisi, obrolan politik di "warung kopi" hingga perbincangan politik yang sangat masif di media sosial. Tentu di tahun politik ini, yang paling sibuk adalah lembaga politik, seperti partai politik, komunitas relawan hingga badan pemenangan partai politik. Pun termasuk lembaga survei dan lembaga konsultan politik, saat ini masih tengah sibuk menjadi bagian dari upaya pencitraan parpol dan bahkan kandidasi calon presiden atau wakil presiden. Partai politik dan konstituen pendukung kandidat tengah berpikir keras menyusun strategi dan siasat guna memenangkan konstestasi pemilu dan pilpres 2024.
Di era media baru (new media), banyak parpol yang mengubah pola publikasi atau pencitraannya dengan memanfaatkan internet yang disebut kampanye di media sosial (media social campaign). Menurut KBBI, kampaye adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang bersaing untuk merebutkan kedudukan dalam parlmen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara. Robert E. Simons (1990), professor komunikasi dari Universitas Boston-Amerika Serikat, menyatakan bahwa keberhasilan mencapai tujuan kampanye banyak ditentukan oleh kemampuan kita dalam merancang, menerapkan dan mengevaluasi program kampanye secara sistematis dan strategis. Kemampuan tersebut harus dilandasi oleh pemahaman teoretis terhadap berbagai dimensi kampanye serta kecakapan teknis dalam menerapkannya. Strategi komunikasi untuk mempromosikan parpol, kandidat atau gagasan mereka kepada khalayak itulah dikategorikan sebagai kampanye.
Model Komponensial Kampanye
Salah satu teori kampanye yang menjadikan sumber (pembuat kampanye) sebagai salah satu peran dominan adalah model komponensial kampanye. Sumber kampanye secara aktif mengkonstruksi pesan yang ditujukan untuk menciptakan perubahan pada diri khalayak (penerima pesan kampanye). Pesan-pesan tersebut disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi seperti media massa, media tradisional atau saluran personal. Ketika pesan-pesan diterima khalayak diharapkan muncul efek perubahan pada diri mereka. Terjadi atau tidaknya efek perubahan tersebut dapat diidentifikasi dari umpan balik yang diterima sumber. Umpan balik untuk efektivitas kampanye dapat muncul dari pesan itu sendiri, saluran yang digunakan atau respons penerima. Akhirnya dapat dikatakan bahwa keseluruhan proses kampanye tidak terlepas dari gangguan (noise). Model ini mengambil komponen-komponen pokok yang terdapat dalam suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan kampanye. Unsur-unsur yang terdapat di dalamnya meliputi: sumber kampanye, saluran, pesan, penerima kampanye, efek dan umpan balik. Unsur-unsur ini harus dipandang sebagai satu kesatuan yang mendiskripsikan dinamika proses kampanye.
Salah satu tokoh yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media komunikasi dengan rakyatnya, sekaligus sebagai media informasi terhadap pelayanan publik dan keluhan masyarakat adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Â Terlebih setelah resmi dicalonkan sebagai calon presiden oleh PDI Perjuangan, Instagram @ganjar_pranowo makin sering dibanjir komentar dan diikuti oleh penonton atau netizen yang tak jarang mendukungnya sebagai Calon Presiden 2024 mendatang. Berikut penjabaran singkat strategi (digital tools:Instagram) Ganjar Pranowo dengan model komponensial kampanye:
- Sumber Informasi KampanyeÂ
Dalam akun Instagram @ganjar_pranowo, sumber data utama dan informasi yaitu Ganjar Pranowo sendiri. Dengan halaman depan (biografi Instagram) bertuliskan Ganjar Pranowo dengan Quote bertuliskan "Tuanku ya Rakyat, Gubernur Cuma Mandat" segala kegiatan yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo ditampilkan di Instagram dengan 5,7 juta pengikut tersebut baik video, foto, maupun grafis. Dalam Instagram tersebut juga dituliskan website www.ganjarpranowo.com yang merupakan situs resmi dari Ganjar Pranowo. Beberapa artikel, video, gambar atau narasi yang ada di situs dikombinasikan dengan instagramnya melalui suatu konten atau posting lebih ringan atau mudah dimengerti, enak dilihat dan mengundang perhatian pengikutnya (follower). Kampanye merupakan suatu dari pemanfaatan dalam metode komunikasi yang dilaksanakan secara sistematis, melalui jangka waktu tertentu, bertujuan untuk merujuk khalayak besar pada suatu permasalahan tertentu beserta juga pemecahan masalahnya. Maka, dalam hal ini akun Instagram @ganjar_pranowo telah menciptakan sebuah media yang ada untuk kepentingan masyarakat sebagai wadah yaitu untuk penampung aspirasi serta inspirasi masyarakat yang berkenaan kegiatan sang Gubernur Ganjar Pranowo, terutama terkait jabatannya sebagai Gubernur dan isu-isu serta topik kekinian. Terbukti hal tersebut bisa mendekatkan Ganjar Pranowo dengan rakyat, pendukung dan simpatisan.
- Saluran Media Kampanye
Pemanfaatan pada akun Instagram @ganjar_pranowo digunakan tidak hanya sebagai suatu medium dalam berbagi informasi, akan tetapi juga sebagai ruang diskusi bagi para masyarakat, pembaca serta followers. Bahkan pemanfaatan akun Instagram @ganjar_pranowo kini lebih ditujukan kepada fungsi dan tujuan antara lain sebagai berikut:
- Menciptakan engagement dengan pengikut maupun pembaca.
- Menciptakan ruang diskusi mengenai isu-isu yang dikedepankan.
- Membentuk sebuah komunitas simpatisan dari kelompok masyarakat.
- Menarik perhatian masyarakat terhadap topik yang sedang diangkat.
- Menciptakan interaksi dengan pengikut atau simpatisan.
Sebagai saluran kampanye dalam memberikan informasi mengenai perspektif Gubernur atau pemimpin rakyat, bahwa akun Instagram @ganjar_pranowo telah dengan baik mengoptimalkan penggunaan setiap fitur-fitur yang ada dalam Instagram. Mulai dari Caption, Hashtag, Instagram story, IG Live, IG TV dan masih banyak lagi. Penggunaan seluruh fitur pada saluran media sosial Instagram ini dipergunakan untuk membantu membuat konten yang beragam dan juga semenarik mungkin.
- Pesan KampanyeÂ