Buat kamu yang hobi menulis tentu tidak asing dengan istilah Copywriting. Di masa sekarang seorang copywriter ternyata banyak dibutuhkan oleh perusahaan sebagai tenaga pemasaran yang andal.
Secara umum, copywriting diartikan sebagai aktivitas menulis kreatif dan persuasif untuk kegiatan pemasaran dengan tujuan meningkatkan penjualan. Melalui copywriting, seorang penulis harus memperhatikan banyak aspek agar target audiens bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Nah bagi kamu yang ingin mendalami copywriting yang mudah diaplikasikan, simak baik-baik ya tulisan ini, supaya kamu mendapatkan insight yang tepat serta menambah wawasan sebagai seorang copywriter berkualitas.
Sebelum masuk ke teknik-teknik copywrting ada baiknya kita bahas terlebih dahulu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulainya.Â
1. Persiapan
Untuk menyusun sebuah tulisan yang menarik, seorang copywriter harus mempelajari berbagai informasi tentang produk yang akan ditawarkan. Misalnya kamu harus tahu jenis produknya, tujuan diciptakan produk itu, keunggulan produk hingga manfaatnya.Â
2. Membuat Kerangka
Di fase ini, kamu perlu mengelompokkan semua informasi-informasi yang didapatkan untuk nanti dipergunakan sebagai bahan membuat konten yang tepat sasaran.
3. Menyusun
Mulailah menyusun konten dengan beberapa bagian penting yang harus diperhatikan antara lain.
- Headline
Pada bagian ini, kamu bisa tuliskan deskripsi produk, manfaat, keunggulan, cara pemesanan hingga garansi produk. Â Umumnya para copywriter akan lebih banyak fokus disini karena pertama kali audiens akan tertarik karena membaca headline. Kalimat-kalimat headline bisa berupa pertanyaan maupun pernyataan.
"Mau Sewa Villa yang Murah dan Nyaman?
"Temukan Rahasia Kulit Bersih Bersama Kami."