Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - Master Hypnotist

Trainer Hypnosis, Master Hypnotist, Professional Executive, Founder Rumah Hipnoterapi, Founder Mind Power Master Institute, Ketua DPD Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Prasyarat, Risiko dan Manfaat Kerja Sampingan

1 April 2021   00:28 Diperbarui: 1 April 2021   14:16 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi cek persyaratan / essenzanatural.id

Sebagai karyawan sebuah perusahaan atau kamu yang sedang kuliah, wajar kalau berpikir ingin punya kerja sampingan.

Di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan seperti saat ini, diperlukan kreativitas dan ide-ide cemerlang agar mampu tetap bertahan.

Apalagi situasi sekarang cukup mendukung untuk kerja sampingan karena ditunjang oleh masifnya kecanggihan teknologi dan komunikasi.

Keinginan untuk menambah pundi-pundi penghasilan sejalan dengan semakin meningkatnya kebutuhan. Buat kamu yang masih kuliah mungkin besarnya rasa penasaran terhadap dunia gawai membuat kerja sampingan jadi pilihan. 

Namun ada beberapa prasyarat yang wajib kamu pertimbangkan juga kawan. Tujuannya supaya kerja sampingan bisa terlaksana dengan maksimal tanpa mengorbankan sisi produktifitas optimal kamu sebagai pekerja maupun mahasiswa. 

Dalam tulisan kali ini aku akan bagikan seputar syarat-syarat kerja sampingan, ide kerja sampingan yang efektif serta plus minusnya buat kamu.

***

Prasyarat Kerja Sampingan

ilustrasi cek persyaratan / essenzanatural.id
ilustrasi cek persyaratan / essenzanatural.id
Syarat pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah masalah time management (membagi waktu) antara pekerjaan utama dengan kerja sampingan antara jam kuliah dengan waktu kamu untuk bekerja.

Pembagian waktu sengaja aku letakkan di awal karena seringnya para side job seeker mengalami kesulitan setelah bekerja di dua tempat atau menjalankan dualisme peranan .

Apalagi kalau kerja utama kamu berkaitan dengan target atau deadline ketat. Kamu wajib membagi waktu dengan sebaik-baiknya agar berjalan seirama.

Berikut beberapa tips membagi waktu :

  • Setiap hari buatlah 'to do list' atau daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Dengan begitu kamu bisa memprediksi selesainya pekerjaan.
  • Membuat klasifikasi kegiatan ke dalam 3 (tiga) kategori. Kegiatan yang bersifat High artinya harus kamu prioritaskan untuk selesai, kegiatan yang bersifat Medium artinya bisa kamu letakkan di bagian akhir hari dan Low artinya bisa kamu tunda untuk lakukan pada esok hari.
  • Jalankan semua dengan disiplin tinggi. Agar pembagian waktu kamu efektif, maka kedisiplinan dalam melaksanakan menjadi hal yang penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun