Pandemi memang belum usai, namun bukan berarti kita berhenti. Selalu ada harapan untuk hidup lebih baik. Selalu ada hikmah dibalik semua ujian NYA.
Tidak terkecuali harapan untuk bekerja dengan kondisi normal. Untuk bekerja tanpa rasa was-was, kekhawatiran dan ketakutan.
Salah satu hal penting yang bisa membuat kita semua produktif dalam bekerja adalah lingkungan. Tempat kerja yang bersih dan nyaman membuat penghuninya betah. Sebaliknya tempat kerja yang berantakan bisa mendatangkan kejenuhan dengan cepat.
Ada dua perusahaan raksasa yang mempunyai lingkungan kerja super nyaman yaitu Google dan Facebook. Kalaupun tidak sama persis, minimal bisa menciptakan lingkungan kerja ala Google dan Facebook versi kita.
Apabila setiap perusahaan memperhatikan unsur ini, maka peningkatan produktifitas pekerja menjadi imbalan yang setimpal. Para pekerja akan dapat memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan Anda.
Dan bagi para pekerja, manfaatnya adalah dengan peningkatan produktifitas berarti Anda menciptakan prestasi. Dengan prestasi tersebut Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih besar (misal dari bonus), promosi karir hingga kehidupan yang seimbang dan bahagia.
Bukankah itu impian hampir semua pekerja?
Berikut saya bagikan 5 langkah menciptakan lingkungan kerja yang positif.
#1. Membangun Visi dan Misi.
Langkah pertama dimulai dari membangun sebuah visi yang diterjemahkan kemudian di dalam misi. Visi adalah tujuan yang hendak dicapai oleh semua anggota sedangkan misi adalah wujud nyata atau hal-hal yang dilakukan untuk mencapai visi.
Contoh visi :