Kelok sembilan sudah dipangkas
Kini menjadi kelok ampek
Berpikir bertindak secara ringkas
Tidak njlimet terhindar capek
Efektif Efisien
Kosa kata effektif di dahulukan dari kosa kata effesien. Effektif dimaknai berhasil guna sedangkan effesien berdaya guna. Efektif artinya pekerjaan wajib selesai sesuai waktu. Ketika mendahulukan effesien dalam artian menghitung ketersediaan sumber daya maka dapat dipastikan pekerjaan tidak selesai.
Pada dasarnya berdasarkan pemgalaman 30 tahun menjadi abdi negara ternyata atasan kita lebih senang ketika anak buah menyesesaikan pekerjaan tepat waktu. Jelas Boss tidak marah malah beliau lebih suka ketika anak buanya bisa lebih cepat menyerahkan hasil tugas.
Jangan pula sampai pekerjaan belum selesai pada waktunya sehinga ketika di tagih atau ditanya si boss timbul beribun alasan. So pasti atasan kecewa terhadap kinerja si anak buah. Bisa jadi pada kesempatan lain bos tak berkenan memberikan tugas kepada anak buah yang lelet.
Kosentrasi dan fokus menyelesaikan pekerjaan adalah satu tuntutan di era manajemen modern. Tinggalkan dulu pekerjaan rutin lain mengingat waktu yang diberikan sangat terbatas. Tidak perlu pula menimang nimang dan menimbang nimbang pekerjaan terlalu lama dan panjang. Ribet kata orang dulu, praktis saja to the point maka pekerjaan bisa segera selesai
- Sepotong roti merekah lebar
- Sepiring nasi secangkir air
- Senjata hati ialah sabar
- Kendalikan emosi persoalan cair
Inilah yang dinamakan sistem oriented. Pendekatan komprehensif mempertimbangakan segalanya mulai dari input, proses dan out put, Pemikiran seperti ini diyakini akan menghasilkan kualitas pekerjaan bernilai tinggi bersebab semua masalah dibahas termasuk hambatan, ancaman, tantangan dan gangguan. Demikian pula legalitas pekerjaan.
Oleh karena itu melatih diri menyelesaikan masalah atau pekerjaan melalui sistem oriented dan diperkuat lagi dengan analisa SWOT (Strength, Weakness, Oppotunity dan Threat). Dapat dipastikan mencapai hasil optimal. Di samping itu keterpelatihan dan fokus akan menghemat waktu penyelesaiian satu tugas,
Point yang ingin disampaikan disini adalah bahwa satu tugas upayakan selesai sampai tuntas. Serahkan hasil pekerjaan kepada pimpinan sebelum waktunya. Anda akan mendapat apresiasi luar biasa dan penilaian positif dan pernghargaan untuk dipercaya mengerjakan tugas tugas lain,Â
Anda dinilai sebagai pekerja keras yang penuh dedikasi dan loyalitas serta bertanggung jawab sehingga pada gilirannya mendapatkan jenjang karier lebih tinggi. Jangan sekali kali menunda pekerjaan, nilai anda dimata atasan : minus.
Walaupun anda merasa pekerjaan itu sudah sempurna tetapi ketika diserahkan sudah telat alias terlambat maka sama juga hasil pekerjaan tidak ada harganya