Mohon tunggu...
Thaariq
Thaariq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki passion sebagai seorang Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Cara Merubah Hobi Menjadi Uang, Dijamin Cuan!

23 Juni 2024   00:18 Diperbarui: 23 Juni 2024   00:27 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Untuk saat ini semua kebutuhan harganya semakin tinggi, kita sebagai anak muda harus bisa memanfaatkan peluang untuk mencari cuan. Mungkin masih banyak dari teman teman semua yang masih binggung caranya menghasilkan uang, harus memulai dari mana, harus berbisnis apa, gimana caranya? nah disini saya yakin pasti teman teman semua memiliki hobi, dari hobi kita ini sebenernya kita bisa dapat cuan loh, Disini saya akan membahas hal tersebut.

Disini saya akan menjelaskan beberapa cara agar hobi kalian bisa menghasilkan cuan,simak point point penting berikut

  1. Fokus pada hobi kalian

Pertama tama kalian harus fokus pada hoby yang kalian jalani, kalau saya pribadi saya hoby pelihara hewan,kalian fokus pada hoby kalian,dalami terus,terus pelajari dan fokus pada satu hoby,kalau saya pribadi karena basic saya suka hewan dan saya suka jual beli,jadi saya memutuskan untuk mengubah dan menggabungkan hoby saya ini. Dalam konsep lain semisal teman teman memiliki hoby lain seperti bermain game pun bisa menjadi cuan,kalian bisa buka jasa joki, jual beli akun, ataupun masuk ke E-Sport

  1. Identifikasi Pasar

Setelah kalian mengarahkan hoby kalian untuk mencari cuan, temen temen harus tau juga target pasar temen temen. Semisal hoby kalian bermain game kalian harus mulai mencari target pasar untuk gamers. Misalnya untuk target joki game itu anak anak SD hingga SMA, nah kalian harus paham terget pasar temen temen itu mengarah ke mana

  1. Manfaatkan media social yang ada

Mungkin misal temen temen berjualan pasti ada yang masih malu malu untuk berjualan secara terang terangan, mungkin masih ada juga yang binggung mau di jual kemana produk kita ini. Saya kasih tau solusinya temen temen, Saya disini bukan di endorse tapi media social paling efektif menurut saya adalah Facebook. Kenapa Facebook? Karena di facebook kita di sediakan marketplace secara gratis yang dapat menjangkau banyak orang, selain itu ada banyak grub di facebook yang bisa kita cari sesuai dengan bidang kita. Berbeda dengan kita menjual di media social lain seperti instagram yang kita harus mencari pengikut untuk bisa kita manfatkan sebagai media berjualan,bahkan pengikut ini kita cari 500 pengikut saja tidak bisa kita dapat secara instan. Sedangkan di Facebook kita tinggal join grub kita sudah bisa memposting jualan kita dengan anggota grub yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan ribu anggota. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat dan mempermudah teman teman semua, oleh karena itu saya menyarankan teman teman semua untuk memakai Facebook

Jadi kesimpulannya temen temen, manfaatkan apa yang kita bisa untuk mencari cuan, jangan malu untuk memulai, terus semangat dan jangan mudah menyerah, Saya yakin kalau teman teman semua serius menjalaninya pasti teman teman semua bisa sukses meraih cuan dari hobi teman teman semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun