Mohon tunggu...
TegarAdhitama
TegarAdhitama Mohon Tunggu... Editor - Student

broadcast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Visual dalam Iklan Ultra Milk: 50 Tahun Ultra Milk, Menutrisi Negeri Sepenuh Hati

27 Juli 2023   00:45 Diperbarui: 27 Juli 2023   00:51 719
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cuplikan iklan 50 Tahun Ultra Milk, Menutrisi Negeri sepenuh HatiSumber :  https://youtu.be/uDuVw1hdRqI

 

Menurut Everett M Rogers, komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah perilaku. Sedangkan visual merupakan sesuatu yang dapat terlihat dengan melibatkan tahapan tahapan yaitu tahapan merasakan, menyeleksi dan memahami. Visual juga tidak hanya sekedar memperindah suatu karya tetapi juga mempunyai peran untuk menarik perhatian audiens dan menyampaikan maksud pesan tersebut.

 Dalam konteks ini, komunikasi visual sangat penting untuk menarik perhatian, menciptakan daya tarik yang membuat audiens merasakan emosional pesan yang disampaikan, mengkomunikasikan ide atau informasi dengan jelas kepada audiens. Iklan sangat membantu memperkenalkan produk dan merek, meningkatkan penjualan, menyampaikan informasi penting, meningkatkan kompetisi, menjangkau pasar yang luas, dan membangun citra merk kepada target sasaran.

Dibalik kesuksesannya, Ultra Milk telah memahami pentingnya komunikasi visual untuk membangun citra merk mereka kepada publik. Iklan “50 Tahun Ultra Milk, Menutrisi Negeri Sepenuh Hati” adalah contoh bagimana komunikasi visual yang dibentuk Ultra Milk untuk menjangkau konsumen dan membangun emosional dengan konsumen.

Komunikasi visual pada iklan “50 Tahun Ultra Milk, Menutrisi Negeri Sepenuh Hati” dapat memiliki beberapa aspek yang menarik dan makna yang berpengaruh dalam menyampaikan pesan kepada audiens : 

1. Mencerminkan perjalanan dan sejarah

Dalam iklan tersebut menunjukkan perjalanan merek Ultra Milk selama lima dekade, penggunaan gambar, foto atau animasi dari era sebelumnya hingga saat ini dapat menunjukkan perkembangan dan kesuksesan merek tersebut.

2. Menghadirkan nostalgia dan sentimen

Dengan menggambarkan momen bersejarah dalam iklan, komunikasi visual ini juga dapat membangkitkan nostalgia pada konsumen yang setia terhadap merek ini. Hal ini juga membuat konsumen merasa terhubung secara emosional dengan merek.

3. Merayakan Prestasi dan mempertegas nilai – nilai merek 

Komunikasi visual yang dipakai juga menggambarkan keberhasilan Ultra Milk sealam 50 tahun sebagai salah satu pemain utama di industri susu serta menegaskan kualitas, kesegaran, kredibilitas, dan kepercayaan yang telah ditanamkan kepada pelanggan selama bertahun-tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun