Mohon tunggu...
Okti Li
Okti Li Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu rumah tangga suka menulis dan membaca.

"Pengejar mimpi yang tak pernah tidur!" Salah satu Kompasianer Backpacker... Keluarga Petualang, Mantan TKW, Indosuara, Citizen Journalist, Tukang icip kuliner, Blogger Reporter, Backpacker,

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Perjalanan Sempurna Setahun Bersama Honda Vario 150 eSP

3 Mei 2016   19:24 Diperbarui: 3 Mei 2016   20:41 904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Honda Vario 150 eSP sudah satu tahun lebih menemani perjalanan Sumber Dokpri

Alasan utama saya memilih Honda Vario 150 eSP sejak Maret 2015 lalu adalah karena kecepatannya. Dengan kapasitas mesinnya 150 cc, sudah bisa dipastikan jika kecepatannya ada diatas rata-rata sepeda motor matik sejenis lainnya. Dan ini sudah saya buktikan dengan melakukan perjalanan darat menggunakan Honda Vario 150 Sempurna ini dari Cianjur ke Surabaya. Mantap, secara keseluruhan saya angkat jempol untuk kecepatan, kekuatan, dan keamanannya.

Saya suka ngebut. Sebelum berkeluarga saya menggunakan sepeda motor jenis sport. Setelah menikah, semua itu perlahan saya tinggalkan. Kondisi keluarga besar pihak istri serta lingkungan yang masih awam akan suara bising knalpot membuat saya berusaha beradaptasi. Bagaimanapun kampung halaman istri di Cianjur Selatan jelas beda dengan kampung sendiri di Surabaya.

Pertama kali tahu Honda mengeluarkan seri skuter matik baru dengan berbagai kecanggihan pada awal tahun lalu, saya langsung jatuh cinta dan berniat memilikinya. Dengan modal yang saya pegang saat itu sekitar 6 juta rupiah saya memantapkan hati mengontak Budiman Pagelaran, sebuah daeler sepeda motor lokal yang ada di kota kecamatan Pagelaran dengan akses resmi ke Honda di Cianjur Kota.

Saya bilang, mau Honda Vario 150 eSP keluaran terbaru itu tapi punya dana minim. Gimana bisa dibantu gak? Pihak Budiman dengan ramah menyanggupi bisa, tapi harus menunggu karena saat itu barangnya (sepeda motor Honda Vario 150eSP) yang tersedia dalam lima pilihan warna coklat, putih, hitam metalik, hitam matte dan biru belum ada di Pagelaran. Barang adanya di Cianjur Kota dan itu perlu waktu. Setelah sepakat saya nunggu beberapa hari hingga melalui perantara Budiman, sepeda motor skuter matik terbaru dengan warna putih itu bisa saya miliki dengan tanggungan cicilan selama 17 bulan. Kewajiban saya selanjutnya membayar cicilan sekitar satu juta lebih per bulannya.

Belum dua bulan memiliki Honda Vario 150 eSP ini, saya mendadak ada kepentingan keluarga di Surabaya. Tidak ada waktu ngurus beli tiket bus dan atau kereta api, saya nekat mengendarai sepeda motor ini dari Cianjur melalui jalur lintas selatan menuju Surabaya. Berbekal doa selamat dari anak istri alhamdulillah saya bisa lancar di jalan dan sampai di tujuan tanpa kendala. Dalam perjalanan Cianjur - Surabaya yang saya tempuh itu saya sekaligus bisa mengetes langsung berbagai keunggulan si skuter matik Honda Vario 150 eSP ini.

va2-57289a523fafbd4909ea92f9.png
va2-57289a523fafbd4909ea92f9.png
Sumber www.welovehonda.com
va3-57289a5a6423bd2e07feb72f.png
va3-57289a5a6423bd2e07feb72f.png
Sumber www.welovehonda.com

Yang saya alami saat menggunakan Honda Vario 150 eSP ini paling menonjol adalah dari segi kecepatan dan iritnya bahan bakar. Hal ini sudah pasti berkat keberhasilan penerapan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dan PGM-FI (Programmed Fuel Injection) nya. Teknologi yang mengatur asupan bahan bakar dengan udara secara elektronis menghasilkan pembakaran yang efisien mengurangi gesekan sehingga menekan energi yang terbuang. Keunggulan Honda Vario 150 eSP terbaru ini benar-benar bekerja secara optimal. Hampir dua hari dipakai secara terus-terusan daya tahan kendaraan tidak berkurang. Tenaga tetap kuat melesat meski saya jalankan nonstop. Saya akui ini memang luar biasa. Rasa aman saat melakukan perjalanan jauh tidak perlu diragukan lagi.

Meski kapasitas mesin 150 cc tergolong besar, dalam pengisian bahan bakar Honda Vario 150 eSP ini terbilang irit. Honda menerapkan teknologi ISS (Idling Stop System) yang gunanya mengatur mesin mati secara otomatis jika saat mengendarai sepeda motor ini kita berhenti lebih dari tiga detik. Sistem tumble mampu meratakan penyebaran bahan bakar sehingga pembakaran maksimal dengan hasil irit dan efektif. Sistem Side Switch Stand juga akan membantu mematikan mesin secara otomatis jika standar kita turunkan.

va5-57289a662423bd5509568fb7.png
va5-57289a662423bd5509568fb7.png
Sumber www.welovehonda.com
va4-57289a7a3597738f1aa07ffa.png
va4-57289a7a3597738f1aa07ffa.png
Sumber www.welovehonda.com

Perjalanan ke Jawa Timur kontur jalannya terbilang mulus dan lurus, beda dengan jalan di Cianjur Selatan yang naik turun dan banyak tikungan. Sistem Brake Lock atau penguncian motor melompat sangat membantu jika pengendara kehilangan kendali saat pertama menyalakan sepeda motor. Pengereman dengan Brake Lock System mencegah hal yang tidak diinginkan demi keselamatan pengendara. Sistem Combi Brake juga sangat membantu ketika kita melakukan pengereman mendadak saat kecepatan sedang tinggi. Dengan Combi Brake System, keseimbangan roda depan dan belakang otomatis terjaga sehingga pengereman lebih optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun