Era digital (globalisasi) adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini terutama pada media untuk mengenalkan produk.Â
Kita selama ini mengenal tentang istilah katalog, sebuah buku yang biasanya digunakan untuk memperlihatkan berbagai jenis barang/jasa. Namun seiring bergeraknya zaman, era digital pun ikut masuk ke dalam dunia promosi katalog. Katalog saat ini tidak lagi menggunakan media cetak seperti majalah, koran, buku, dan lainnya. Kini katalog sudah hadir dalam bentuk digital yang dipasang diberbagai laman sosial media.Â
Katalog pada saat ini tidak lagi hanya sebatas lembaran kertas yang disusun menjadi sebuah buku saja, namun bisa hanya dalam bentuk foto atau bahkan video yang nantinya dapat ditayangkan diberbagai platform seperti instagram, facebook, twitter, dan toko online.
Penggunaan media sosial sebagai sarana pengenalan produk dirasa efektif karena lebih mudah untuk dijangkau banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu, modal yang harus dikeluarkan jauh lebih sedikit daripada harus mencetaknya. Hal ini dapat membantu memperluas lingkup pemasaran produk namun dengan harga yang lebih terjangkau.Â
Dalam pengambilan foto ataupun video, tidak perlu menggunakan kamera yang memiliki kecanggihan yang tinggi, menggunakan telepon genggam saja sudah cukup ditambah lagi, kini telepon genggap telah memiliki kualitas kamera yang cukup bagus ditambah banyaknya fitur editing yang mampu membantu memperbaiki foto sehingga terlihat lebih jelas dan menarik.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H