Mohon tunggu...
Terkabul
Terkabul Mohon Tunggu... -

Hanya orang biasa.. Saya adalah Penumpang busway, Commuter Line, KRL Ekonomi, Metromini, Kopaja, dan Angkot.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jokowi Jangan Lari..!!! (Session 2)

9 September 2013   00:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:10 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jokowi - Basuki, Dua Sahabat

Siang itu dua pemuda terlihat serius bercakap sambil menatap sebuah dokumen. Tidak lain dan tidak bukan, mereka adalah si Joko dan si Basuki. Raut muka Joko terlihat serius. Sedangkan Basuki lebih santai dan sesekali tertawa terbahak-bahak.

[caption id="" align="aligncenter" width="490" caption="Jokowi - Basuki, Dua Sahabat"][/caption] Joko: Gimana ya Bas..? Aku lagi galau nihh.. Kamu kan tahu Si Karti kan baru pacaran beberapa bulan ma aku.. Tapi si Karti dan temen-temennya malah minta aku untuk melamar si Donesia pacarnya si Susilo itu.  Si Karti juga bilang.. Kalo nanti aku jadi nikah ma si Donesia, dia akan pacaran ma kamu Bas.. Puyeng aku Bas.. Basuki: Hahahahahahahahaha… (tertawa ngakak..) Joko: Sssstt.. Kowe kuwi Bas.. Orang lagi galau malah diketawain.. Jangan-jangan si Karti udah lama naksir ma kamu yaa?? Basuki: Uppppsss… Sori Mas.. Bukannya ngetawain mas Joko.. Tapi ya lucu aja.. Mas Joko ini kan gak ganteng-ganteng banget.. Saya lebih ganteng daripada Mas.. Tapi kenapa ya orang-orang disini lebih suka sama mas Joko.. Hahahahaha.. Joko: Ya ndak gitu tho Bas.. Dari dulu sampai sekarang, aku ya kaya gini aja.. Seadanya.. ga diada-adain kaya orang kaya. Lagian apa yang bisa aku pake modal buat operasi plastic biar keliatan ganteng.. Wong bapakku aja cuman tukang kayu.. Aku bukan anak pejabat yang duitnya berlimpah. Basuki: Hahahahaha… Becanda Mas.. Jangan dianggap serius tho.. Joko: Mmmmhhh.. Mbuh Bas.. (sambil menatap jauh kedepan, melihat waduk yang penuh enceng gondok..) Basuki:  Gini lho Mas.. Saya tahu mas Joko sedang galau mikirin omongan si Karti. Saya tahu, janji mas Joko ke si Karti saat mo pacaran dulu masih banyak yang belum terealisasi. Saya tahu mas Joko takut dianggap suka memberi janji palsu. Saya tahu mas Joko dianggap lari dari tanggung jawab yang belum diselesaikan. Saya sangat tahu hal itu Mas.. Joko: Iya Bas.. Aku galau karena mikir hal itu semua. Kamu kan tauhu sendiri. Seluruh warga sudah bersusah payah menyakinkan si Karti untuk jadian ma aku waktu itu. Basuki: Lha iya pasti aku tahu banget Mas.. Wong sampe saya waktu itu dicegat preman di kampong sebelah gara-gara dia tahu saya ini temannya mas Joko. Tapi kan Mas lihat sendiri, sekarang semua sudah percaya sama mas Joko, termasuk preman-preman di kampung sini sudah manut sama Mas. Joko: Lha menurutmu, aku harus gimana Bas..? Trus nanti nasibnya si Karti bagaimana kalo aku tinggal kawin sama si Donesia? Apa bener yang dia bilang, Kamu mau gantiin posisiku sebagai pacarnya si Karti? Basuki: Mmmm.. Saya sih gak masalah kalo nanti mas Joko ngasih kepercayaan ke saya buat jagain si Karti. Insya’Allah sepenuh hati akan saya jaga, saya rawat, saya nafkahi. Tapi ya ini masalah hati sih Mas.. Si Karti sebenernya juga sangat cinta sama mas Joko. Cuman dia sangat sadar kalo cintatidak boleh egois, kalo memang mas Joko bisa menikah dengan gadis yang lebih tepat seperti si Donesia, kenapa tidak.??  Lagian saya juga melihat si Donesia lebih membutuhkan sosok mas Joko. Saya sih yakin kalo nanti mas Joko jadi menikah dengan mbak Donesia, anak-anaknya pasti akan ganteng-ganteng, cantik-cantik dan pintar. Karena mas Joko punya modal itu semua. Si Donesia juga berpotensi jadi ibu yang hebat. Tapi ya tergantung kalian nanti saat menikah sih.. Hehehehe.. Joko: Hayyyahhh.. Belom apa-apa kok sudah ngomongi anak.. Pacaran aja belum.. Prosesnya masih lama Bas.. Kenalan dulu, baru pacaran, baru menikah, bobok bareng, baru bikin anak.. Masih lama itu.. Basuki: Hahahahaha.. Bener.. Bener Mas…  Sampeyan sudah hapal gitu semua prosesnya Mas.. Tinggal cusss aja tho.. Hahahaha… Joko: Hahahahaha… Mbuh Bas… Sakkarepmu lahhh… Basuki: Hahahahaha… (dua pemuda itu saling tertawa ngakak sambil berangkulan layaknya sahabat karib)

Di sudut yang lain, di sebuah rumah berhalaman luas dengan teras yang nyaman, nampak seorang wanita yang terlihat berwibawa sedang berbincang serius dengan laki-laki yang terlihat sopan. Tak lain adalah Ketua RT 01, yaitu Bu Mega dan ayah dari Donesia yaitu Pak Raya. Dari mimik wajah mereka, terlihat sedang membicarakan hal yang sangat serius. Nampak juga si Rani dan Tama sedang berada di halaman untukmenyiram dan menata tanaman yang memang merupakan hobi keluarga Bu Mega. Mereka berdua terlihat sesekali menengok ke teras tempat ibu mereka Bu Mega dan Pak Raya mengobrol. Namun juga terlihat serius mengurus tanaman mereka.

Pak Raya: Gimana Bu jawabannya..?? (terlihat serus menanti ucapan dari Bu Mega) Bu Mega: Mmmm.. Biarkan saya berpikir dulu beberapa hari Pak.. Saya juga harus bicara dengan si Joko dulu sebelum memutuskan hal ini. Karena kan Pak Raya tahu sendiri, di keluarga kami, semua hal yang besar harus dibicarakan dengan keluarga besar kami. Mungkin mudah saja saya bilang A.. Pasti si Joko akan melakukan A.. Tapi kan ini bukan masalah biasa. Saya tidak mau tergesa-gesa dalam memutuskan iya atau tidaknya. Pak Raya: (sambil tersenyum.. lalu menyalakan sebatang rokoknya..) Betul sekali Bu.. Memang semua hal baik harus dibicarakan dengan baik juga. Bu Mega: Bener Pak.. Saya hanya menjalankan apa yang sudah dititipkan oleh bapak saya. Dan si Joko sudah terbiasa dengan hal ini.. Makanya dia cepat disukai oleh warga sini meskipun dia baru beberapa bulan tinggal disini. Pak Raya: Iya Bu.. Bener sekali, saya aja sampai penasaran pengen segera punya mantu si Joko itu. Anyway.. Busway.. Kalo tidak salah si Joko sudah punya pacar ya Bu?? Bu Mega: Bener Pak.. si Joko sudah pacaran sama si Karti.. Mereka sudah jalan beberapa bulan ini. Itupun dulu saya yang minta si Joko untuk pacaran sama si Karti. Sejak pacaran si Karti kan memang sudah bisa menerima keadaan si Joko yang memang apa adanya. Wong si Joko itu asli anak dari kampung Solo sana. Jadi ya masih bagus bibitnya. Tapi meskipun anak dari desa, si Joko itu udah terkenal di negeri tetangga lho Pak. Wong dia pas masih jadi tukang kayu itu sering mondar-mandir ke Eropa. Dingklik dan meja buatan dia itu udah sampai ke pasar Eropa. Pak Raya: Masa tho Bu?? Saya kira si Joko itu bocah ndeso biasa aja, ternyata udah sampai mana-mana tho.. Hebat tenan bocah kuwi.. ( sambil manggut-manggut) Bu Mega: Ya kaya gitulah Pak si Joko.. Muka ndeso, tapi rejeki karo wibawane ngalahke anak kota. Hehehe.. Pak Raya: Hahahahaha.. Bu Mega ini bisa aja kalo mo memuji orang.. Direndahkan dulu.. baru dipuji.. Bu Mega: Hehehehe.. itu saya lakukan supaya si Joko tidak besar kepala Pak.. Biar si Joko itu selalu eling dan waspada, kalo meskipun dia itu sudah menjadi orang kota, tetapi jangan sampai lupa diri. Biar tidak lupa sama kulitnya. Pak Raya: Iya betul sekali itu Bu.. Saya juga terkesan sama si Joko yak arena hal itu tadi, meskipun sudah menjadi dan berselera orang kota, si Joko itu tetap low profile, khas orang desa. Tidak sombong, angkuh dan sok-sok’an seperti anak pejabat. Saya makin mantap untuk mengambil si Joko jadi menantu saya.. Bu Mega: Nanti kalo si Joko sudah pulang pasti akan saya sampaikan apa yang kita bicarakan ini Pak. Pak Raya: Baiklah Bu Mega.. Sekalian saya pamit dulu.. Ibunya Donesia nanti nayariin kalo saya kelamaan disini.. Ibunya Donesia itu kalo saya pergi agak lama suka jadi lebay kangennya.. Hehehe.. Bu Mega: Hehehe.. Silahkan Pak.. Ini saya titip sedikit kue buat Jeng Raya dan Donesia..  Nanti kalo sudah dapat jawabannya, saya telpon Jeng Raya saja dirumah. Sekalian ngobrol, sudah lama tidak ngobrol sama Jeng Raya. Nanti tolong sampaikan salam saya buat Jeng Raya dan Donesia nggih Pak. Pak Raya: Walahh.. Kok malah jadi ngrepoti Bu Mega..  Hehehehe.. Insya’Allah nanti saya sampaikan salam Bu Mega kepada Istri dan anak saya.. Monggo Bu Mega.. Saya pamit dulu.. Assalamualaikum.. Bu Mega: Iya pak.. Terimakasih.. Waalaikumsalam warahmatullah..

Pak Raya pun meninggalkan halaman rumah Bu RT Mega sambil mengangguk pada Rani dan Tama yang masih sibuk menata tanaman... Tama dan Rani pun membalas anggukan Pak Raya sambil tersenyum. Tidak lama, Bu Mega memanggil Tama dan Rani agar ke teras rumah mereka. Merekapun berjalan pelan menuju teras dan memungut gelas berisi es sirup yang memang sudah disediakan Bu Mega untuk mereka berdua. Bu Mega lalu melihat kedua anaknya yang sedang meminum es sirup dan tersenyum. Ada sesuatu hal membahagian yang sedang dipikirkan oleh ibu Rani dan Tama.. Entahlah apa itu..

Masih bersambung di Jokowi Jangan Lari..!!! (Session 3)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun