Mohon tunggu...
Muhammad Atep Abdullah Syafei
Muhammad Atep Abdullah Syafei Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Aku Suka makan Nasi ,Sama Martabak Ketan.Aku Adalah Pelajar SMA PLUS ARR-RAMAT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rangkuman Saya tentang Wirausaha Rekayasa Jasa Profesi dan Profesionalisme

29 Oktober 2024   09:06 Diperbarui: 29 Oktober 2024   09:23 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

*Rencana Bisnis Layanan Profesional

 jika Anda mau, adalah langkah perencanaan yang paling penting dalam membangun bisnis berbasis layanan. Rencana ini mencakup penilaian struktur pasar termasuk konsumen, mencakup secara komprehensif tentang bagaimana dan di mana menjual layanan mereka. Manajer perusahaan harus mempelajari rincian layanan terintegrasi yang akan mereka tawarkan dan bagaimana pengiriman akan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan.

*Layanan sebagai Seorang Profesional dan Profesionalisme

Layanan profesional mengacu pada beragam kegiatan yang dilakukan oleh para profesional yang mencakup konsultan, pelatih, penyedia layanan teknologi, dan spesialis lainnya. Ketika memberikan layanan, profesionalisme sangat penting karena mencerminkan kejelasan dan kualitas layanan yang ditawarkan. Beberapa atribut profesionalisme meliputi kemampuan, integritas, dan adaptasi terhadap kebutuhan klien.

*Penetapan Harga Produk Layanan

Penetapan harga untuk produk layanan tergantung pada sejumlah isu seperti biaya kegiatan, cakupan pasar, dan kesediaan pelanggan untuk membayar, antara lain. Ada banyak strategi penetapan harga, namun tujuan utama yang perlu dipatuhi adalah bahwa harga dapat mencerminkan kualitas layanan dan persaingan di industri. Selain itu, terkait tingkat biaya dan target pengembalian, ini juga merupakan bagian dari proses ini 

*Media promosi yang dicakup oleh usaha untuk memasarkan jasa profesi sangat luas mulai dari website, media sosial, hingga pemasaran langsung. Taktik pemasaran yang baik dan cocok masih mengacu pada karakter pembeli dan jenis layanan yang ada. Pemilihan media yang baik dapat meningkatkan daya penglihatan dan jumlah pelanggan yang lebih banyak.

Melalui penguasaan dan penerapan konsep-konsep ini pengusaha dalam usaha jasa dapat membangun usaha yang efektif dan berkelanjutan-nya serta menjamin saling pelayanannya kepada masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun