Disiplin kerja merupakan suatu kewajiban kantor atau instansi tempat bekerja wajib untuk memperhatikan kedisiplinan kerja pegawai agar kerja pegawai lebih meningkat dari sebelumnya dan pegawai tidak sesuka hati melakukan kegiatan yang tidak penting pada saat jam kerja. Disiplin kerja adalah sebuah konsep dalam tempat bekerja atau manajemen untuk menuntut pegawai berlaku teratur. Disiplin merupakan keadaan yang menyebabkan atau memberi dorongan kepada pegawai untuk berbuat dan melakukan segala kegiatan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan (Simamora, 2015).
Disiplin yang baik tercermin dari besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas yang di berikan kepadanya. Sinambela dalam (Singodimedjo, 2019) "maka peraturan sangat diperlukan menciptakan tata tertib yang baik dalam kantor tempat bekerja, sebab kedisiplinan suatu kantor ataupun tempat bekerja dikatakan baik jika sebagian pegawai menaati peraturan-peraturan yang ada".
Sutrisno dalam (Singodimedjo, 2019) "disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan mentaati norma-norma yang berlaku di sekitar nya dan disiplin pegawai sangat mempengaruhi tujuan instansi". Nadeak dalam (Singodimedjo, 2019) "salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja pegawai adalah dengan memiliki disiplin kerja yang baik".
Hasibuan dalam (Singodimedjo, 2019) "disiplin kerja merupakan kegunaan operatif manajemen sumber daya manusia yang penting bagi prestasi kerja karyawan akan semakin tinggi, dan disiplin kerja yang baik tentunya tugas serta wewenang yang diberikan kepadanya. Agustini dalam (Singodimedjo, 2019)
Menegakkan disiplin kerja sangat di butuhkan bagi instansi, sebab disiplin berisikan peraturan-peraturan yang harus ditaati pegawai. Dengan adanya disiplin diharapkan dapat membuat pekerjaan seefisien mungkin. Disiplin kerja dapat dilihat sebagai sesuatu yang besar manfaatnya, baik bagi kepentingan organisasi maupun bagi para pegawai. Bagi instansi adanya disiplin kerja akan menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga diperoleh hasil yang optimal. Sedangkan bagi pegawai akan diperoleh suasana kerja yang menyenangkan sehingga akan menambah semangat kerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan demikian, pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh kesadaran serta dapat mengembangkan tenaga dan pikirannya semaksimal mungkin demi terwujudnya tujuan instansi (Hafidulloh et al., 2021).
Indikator Disiplin Kerja
Robbins dalam Defiat dalam (Rahmawati, 2021) menjelaskan bahwa disiplin kerja memiliki berberapa indikator, seperti:
- Disiplin waktu, disiplin waktu adalah salah satu cara untuk mengukur disiplin. Disiplin waktu adalah sikap atau tingkah laku yang menunjukkan komitmen terhadap organisasi, seperti datang, pulang, atau bahkan tiba pada waktunya dengan tepat. Disiplin waktu dapat berdampak pada keinginan karyawan untuk menyelesaikan tugas dan mencapai hasil kinerja yang diharapkan.
- Disiplin tanggung jawab, rasa tanggung jawab yang tinggi sangat memengaruhi disiplin kerja. Ini karena setiap karyawan merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan rencana dan target kinerja. Dengan demikian, tujuan akan tercapai. Karena pemakaian peralatan dan perlengkapan yang ada di ruang kerja merupakan bagian penting dari keberhasilan pekerjaan, rasa tanggung jawab juga dapat dilihat. Jadi, setiap pegawai harus berhati-hati saat menggunakannya dalam hal ini. Dengan demikian, disiplin tanggung jawab memengaruhi bagaimana pegawai bekerja.
- Disiplin peraturan, agar tujuan organisasi dapat dicapai, baik aturan tertulis maupun tidak tertulis harus dibuat. Untuk mencapai hal ini, setiap pegawai harus tetap taat terhadap komitmen yang telah ditetapkan. Setiap pekerja harus mematuhi peraturan yang berlaku, karena ini menunjukkan seberapa serius dan patuh mereka terhadap organisasi. Contohnya adalah aturan berpakaian, karena penampilan seseorang merupakan hal pertama yang dapat dilihat oleh orang lain untuk menilai karakternya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan keteraturan dan keindahan, diperlukan aturan dan keselarasan. Berpenampilan rapi dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui seberapa baik Anda bekerja
Kinerja Guru