Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Media Info Grafis Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan                                         Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Lokasi                     : SMA Negeri 1 Sirampog
Lingkup Pendidikan       : SMA
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Materi Teks Biografi Tokoh-Tokoh di Indonesia dengan Metode Problem Based Learning Berbasis  Info Grafis
Penulis                    : Teguh Priyono, S.Pd
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Latar Belakang Masalah
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada peserta didik, mulai dari tingkat SD, SMP/sederajat dan SMA/SMK sederajat. Tetapi banyak para peserta didik yang kesulitan dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia. Ada banyak hal yang menyebabkan kesulitan tersebut.Â
Permasalahan yang pertama adalah rendahnya minat peserta didik dalam belajar terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia Indonesia, bahkan sering ditemui pada saat proses pembelajaran banyak peserta didik yang enggan untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Hal ini dapat diketahui ketika dalam pembelajaran anak sering mengantuk, berbicara sendiri, dan mainan handphone serta masih banyak peserta didik jika diberikan tugas malas mengumpulkan kadang bahkan hanya menyalin pekerjaan temannya yang pada akhirnya pengumpulan tugasnya menjadi terlambat.Â
Permaslahan yang lain adalah dalam segi pemahaman materi yang banyak hafalannya yang mengakibatkan peserta didik tidak cenderung bosan dan malas belajar yang mengakibatkan responnya juga masih kurang sehingga mereka cenderung hanya diam mendengarkan saja karena merasa pelajaran tersebut begitu sulit menyebabkan peserta didik sudah malas terlebih dahulu.
Metode dan media yang digunakan sebelumnya membuat peserta didik memiliki motivasi yang rendah dalam mempelajari materi teks Biografi tokoh-tokoh di Indonesia. Metode dan media pembelajaran yang kurang sesuai sangat berpengaruh pada proses pembelajaran.Â