Tegar Fadhil
Tegar Fadhil Mohon Tunggu... Penulis - siswa sman 39 jakarta timur

nama saya adalah tegar fadhilah rosyidin, saya adalah seorang siswa dari sekolah yang leyaknya ada di jakarta timur yaitu sman 39 jakarta.. saya siswa kelas 11 lebih tepatnya 11 6, saya sangat suka membaca.. karena itu pula saya ingin menjadi seorang penulis hehe, yaaa impian saya ingin menjadi seorang penulis sudah ada sejak saya kelas 5 sd.. saya sangat suka membaca buku, enyah itu novel pendidikan, fantasi, action, dll. saya juga suka membaca manga, suka menonton film, suka menonton anime. karena menurut saya menyukai semua hal tersebut membuat imajinasi saya meningkat.. haha saya sangat menyukai kehidupan saya yang seperti ini.

Ilmu Sosbud

Pertualangan Misi Konservasi Komodo, Langkah untuk Konservasi Alam Indonesia

21 Maret 2024   10:13 Diperbarui: 21 Maret 2024   10:29 53
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

nama aku adalah fadhilah rosyid, aku adalah anak muda yang sangat terobsesi dengan keindahan alam, semua hal yang ada di alam aku sangat menyukainya, aku adalah seorang lelaki, memiliki tiga adik dan di dalam satu kelurga ini hanya aku sayang sangat tertarik dengan alam. aku bingung.. kok bisa ada orang yang tidak tertarik dengan alam?? anehhh... mereka mungkin melihat dunia ini dengan pandangan yang berbeda denganku.. yaaa.. aku wajar aja dengan itu, karena yaa.. gak harus semua orang menyukai apa yang aku sukai juga haha.. okee lanjut.

aku adalah siswa dari sekolah sma tadika indah.. aku sangat menyukai sekolah aku ini karena lingkungan sekolah ini sangat amat indah dari segi alam, visualisasi, lingkungan, dll. ada hal yang membuat aku juga bersemangat berangkat kesekolah.. yaitu adalah teman aku yang juga sangat menyukai komodo.. oh ya sebelum itu aku sangat menyukai komodo, aku sangat senang kalau komodo hanya ada di indonesia. teman aku itu sangat menyukai komodo.. namanya adalah ana, suatu hari kutanya ke dia sebenarnya apa sihh yang membuat dia sangat menyukai komodo.. kami teman sekelas, setiap jam istirahat aku selalu mengajaknya berbicara mengenai apa yang dia suka dari komodo. " halo ana, ana aku denger - denger kamu suka komodo yaa? " tanya ku dengan muka yang tersenyum, " iyaa hehe, aku suka komodo karena bentuk visualnya yang menurutku sangat keren sih " jawab dia dengan membalas muk senyumku juga, setelah itu dia menjelaskan lebih panjang lagi tentang hal tersebut, dan ternyata saat dia menjelaskan itu dia mencakup yang lebih luas lagi.. penjelasanya bercabang dan mencakup kemana-kemana sampai diakhir dia bilang kalau salah sattu hal yang paling dia takutkan adalah kepunahan dari komodo tersebut, dari situ ternyata aku sadar kalau aku juga tidak menginginkan hal tersebut. tetapi aku belum memikirkan hal itu sih haha.. dan akuu sadar ternyata aku menemukan teman yang mungkin bisa menjadi teman ngobrol ku seterusnya haha... topik obrolanku dengannya sangat banyak, aku sangat senang pada saat itu.

esok hari lanjut pada saat hari sekolah kami menerima info kalau bulan depan akan ada study tour ke NTT dan kebetulan sekali kita akan mampir ke pulau komodo untuk melakukan tugas analisis, jujur aku dan ana sangat senang sekali dengan informasi tersebut kami sangat senang sampai - sampai kami pergi berbelanja apa saja yang dibutuhkan dalam perjalanan kesana nanti.. terutama ke pulau komodo itu sihh haha.. [ padahal masih bulan adepan kita berangkatnya ], tetapi karena kita sangat senang sekali sampai - sampai tidak bisa tertahan lonjakan tersebut ya wajar ajaa sih... namanya juga sukaa hehe. dan ya kita suddah sangat tidak sabar dengan hal itu.. melewati hari-hari menuju bulan depan saatnya waktu study tour sangat terasa cepat karena sudah sangat ditunggu-tunggu. akhirnya bulan selanjutnya pun datang, tersusa 3 hari menuju kegiatan study tour ke NTT, aku sangat senang!! aku yakin sekarang ana juga sedang sangat senang haha, karena hanya 3 hari lagi menuju ke tanggal pas saat study tour.

akhirnya 3 hari pun berlalu dan kita akhirnya study tour ke NTT, 2 - 3 jam perjalanan dengan pesawat menuju ke NTT, di pesawat saya duduk berudua dengan ana, kita sudah sama - sama tidak sabar untuk ke pulau komodo nanti, teman-teman yang lain juga sudah tidak sabar sih, tetapi mereka tidak sabar untuk berlibur.. berbeeda dengan aku dan ana, kita tidak sabar untuk melihat komodo dengan mata kepala kita sendiri langsung, sugguh sangat tidak sabarr... " aku sudah sangat tidak sabarfr dill " ucap dia dengan wajah yang sangat terlihat tidak sabar, aku pun juga sudah sangat tidak sabar,di pesawat kita aku,ana, dan teman-teman juga disediakan makanan oleh pihak sekolah, ' isi perut kalian duluu... karena nanti kalian pasti capekk kann " ucap ibu guru kami.. " baikk buu, terimakasih buu " ucap para siswa siswi didalam pesawat dengan muka senang.

tidak terasa diperjalanan kita makan akhirnya tidak lama lagi pesawat kita landing di bandara labuan bajo, dan kami langsung diarahkan unttuk istirahat di bandara di tempat yang sudah disiapkan, kamii diberi arahan oleh pihak sekolah untuk tata terrtib dan kesepakatan saat ber study tour nanti, dan tidak lama itu akhirnya kami dijemput oleh bus untuk dibawa ke penginapan oleh para guru. 1 jam perjalanan di dalam bus untuk sampai ke hotel penginapan. karena sudah malam dan gelap akhirnya kitta disuruh untuk istirahat terlebih dahulu, dan melanjutkan kegiatan sehabis jam istirahat selesai.

di jadwal kegiatan study tour kulihat jadwal menuju ke pulau komodo yaitu  di hari kedua pada saat sehabis waktu dzuhur, sambilo menunggu waktu besok mending aku aktif ikut kegiatan yang lain aja dulu deh hehe, tiba - tiba terdengar suara tok tok tok dari suara pintu kamarku, kulihat ternyat ana, dia bilang dia ingin ketemu denganku dan mengobrol mengisi waktu luang, dia bilang dia sudah sangat tidak sabar menunggu waktu besok untuk pergi ke pulau komodo, ia bilang " dil besok kita jangan jauh - jauh ya, karena aku tidak mau diliat heboh selain hanya dengan kamu yang tau  kalau kita menyukai hal yang sama hehe " haha aku juga merasakan apa yang dia rasa saat ini," okkeee " kata ku dengan senang hati. kami banyak mengobrol lagi tentang hal yang lain setelah  itu, kitta menghabiskan waktu istirahat kita bersama dan akirnya tiba waktu kami mulai melakukan kegiatan lagi, pengumuman diumumkan oleh pihak sekolah dan dia ana langsung kaget dan ssedikit panikk haha, aku juga sihh.. karena kita sama-sama bellom siap-siap sama sekali haha.. akhinya dia menuju kamarnya kembali untuk siap-siap kegiatan selanjutnya dan aku pun juga bersiap-siap.

selang hari berikutnya akhinyaa kita siap-siap menujuke pulau komodo tersebut, kita dibangunkan pukul 04:00 dan diberi waktu 2 jam untuk bersiap - siap mrnuju ke pulau komodo, 2 jam tersebut aku gunakan untuk mandi, sholat shubuh, persiapan lainnya. dan akhirnya pukul 06:00 kita berangkatt menuju ke pulau komodo tersebut, kita diberi arahan untuk masuk ke dalam bus untuk melakukan perjalanan kembali, perjalanan sekitar 2 jam di perjalanan. 2 jam di perjalanan tidak terasa dan akhirnya kita sampai di tempat, tetapi untuk bisa mengakses kesana kita perlu naik kapal terlebih dahulu, di kapal juga kitt memerlukaan waktu 2 jam di perjalanan, hhh.... susah sekali yaa dan ribet juga akses untuk kesana.. akhirnya kita sampai dipulau komodo, " yeyyy pulau komodoooo akhinyaa aku kesiniii " ucap ana yang sedang sangat gembira, aku pun juga membalas kegembiraan ana tersebutt haha.

sudah ada beberapa komodo yang terlihat dari kejauhan, kerennn, aku dan ana langsung mendekat ke komodo tersebut, kita diberi tugas oleh para guru untuk melakukan analisis tentang komodo, disana juga kita diberi semacam edukasi tentang komodo tersebut, apa yang biasanya dia makan? dia gak boleh makan apa sih? gimana cara untuk species komodo bisa tetap berkembang biak dan mengecilkan potensi punahnya? dll... sungguhhh aku sangat tidak menginginkan ituu, komodo adalah species binatang yang hnya ada di indonesia saja, oleh karena itu mari kita jaga dengan baik. speciesnya, ekosistemnya, tempatnya, patut dijaga untuk dilestarikan, karena komodo termasuk hal yang sangat berharga di indonesia.

Pendidikan tentang komodo merupakan upaya penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang spesies ini yang unik dan terancam punah. Komodo, atau Varanus komodoensis, adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hanya dapat ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, terutama di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami. Meskipun dikenal sebagai predator yang kuat dengan reputasi sebagai pemangsa yang mematikan, komodo sebenarnya adalah bagian integral dari ekosistemnya. Pendidikan mengenai komodo mencakup berbagai aspek, mulai dari biologi dan perilaku hingga konservasi dan perlindungan habitat. Di dalam kelas, siswa dapat mempelajari tentang morfologi komodo, seperti struktur tubuh, ukuran, dan kemampuan adaptasi yang memungkinkan mereka bertahan hidup di lingkungan yang keras. Mereka juga dapat belajar tentang perilaku makan, reproduksi, dan sosial dari spesies ini.Selain itu, pendidikan mengenai komodo juga melibatkan pemahaman tentang peran penting mereka dalam ekosistem pulau-pulau tempat mereka tinggal. Sebagai predator puncak, komodo mempengaruhi populasi mangsa mereka, seperti rusa, babi hutan, dan kadal kecil. Kehadiran mereka dalam rantai makanan membantu menjaga keseimbangan ekosistem, sehingga penting bagi manusia untuk memahami dampak ekologis dari keberadaan komodo. Namun, salah satu aspek terpenting dari pendidikan mengenai komodo adalah kesadaran akan ancaman yang dihadapi spesies ini. Populasi komodo terus menurun akibat berbagai faktor, termasuk hilangnya habitat akibat pembangunan, perburuan ilegal, dan gangguan oleh spesies invasif. Oleh karena itu, program pendidikan harus mencakup upaya konservasi dan perlindungan habitat komodo, serta peran penting yang dapat dimainkan oleh individu dan komunitas dalam memastikan kelangsungan hidup mereka. Melalui pendidikan yang komprehensif, diharapkan bahwa masyarakat akan menjadi lebih sadar akan pentingnya melestarikan spesies ini dan habitat alaminya. Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang komodo, orang dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk melindungi mereka dari kepunahan dan memastikan bahwa warisan unik ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang