Mohon tunggu...
Tegar Aditya
Tegar Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Hobi memancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Penjualan Produk UMKM Selai Ubi Melalui Media Online atau E-Commerce

20 Januari 2024   18:21 Diperbarui: 20 Januari 2024   18:26 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa melakukan foto bersama UMKM ubi di desa Wiyu kec. Pacet/dok. pri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya), pada saat ini saya Tegar Aditya Ari Cristanto Mahasiswa Untag Surabaya Teknik Mesin sedang  melaksanakan kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan  di Desa Wiyu.Kecamatan Pacet,Kabupaten Mojokerto. Program Kerja dengan mengusung tema " Inovasi Branding dan Sosialisasi penjualan Selai Ubi  melalui E-Commerce atau Media online, kegiatan ini dibimbing langsung oleh Bapak Ardhi Islamudin, S.E., M.A, NIDN 07281294401 yang berperan sebagai dosen pembimbing. Pada kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (16/01/2024) di kediaman Bapak Robi selaku UMKM Ubi.

Dalam program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan daya Tarik Masyarakat luas dalam pemasaran serta pengenalan produk terutama pada UMKM Desa Wiyu, Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat telah melaksanakan kegiatan inovatif. Fokus kegiatan ini adalah pada pengembangan desain logo serta kemasan produk selai ubi dengan tujuan untuk meningkatkan branding dan daya Tarik konsumen.

Pada saat mengadakan sosialisasi  dengan pelaku usaha yang di lakukan langsung ditempat pelaku yaitu di tempat Bapak Robi selaku pemilik UMKM Ubi disekitar Desa Wiyu. Pada Sosialisasi ini Mahasiswa memaparkan mengenai bagaimana tentang Branding Produk serta melakukan bagaimana cara melakukan pemasaran produk melalui e-commerce atau media online seperti Shopee. Hal ini bertujuan untuk dapat bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dan lebih efektif.

Kegiatan sosialisasi  Branding serta cara penggunaan e-commerce/dok. pri
Kegiatan sosialisasi  Branding serta cara penggunaan e-commerce/dok. pri

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mahasiswa secara langsung melakukan praktek  kepada pelaku usaha UMKM Ubi untuk bagaimana tata cara mamasukkan hasil produk ke e-commerce seperti Shopee, Sebelumnya mitra pelaku UMKM hanya memasarkan atau mempromosikan hasil produk melalui Status Whatsapp, Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat membantu dalam hal promosi produk supaya Masyarakat luas dapat menikmati atau mengetahui tentang produk UMKM selai ubi. Hal ini sangat di apresiasi oleh mitra UMKM sebab dapat membantu dalam hal daya Tarik  konsumen yang lebih luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun