Mohon tunggu...
Tedy Anggi
Tedy Anggi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi nge-SIMP Alenka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Kembangkan Inovasi Digital Guna Pengembangan UKM Gula Jawa Paranggupito Sebagai Oleh-Oleh Khas Desa Wisata

12 Februari 2023   22:24 Diperbarui: 12 Februari 2023   22:27 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian Contoh Model Kemasan Dengan Logo Desa Wisata

Paranggupito, Wonogiri (8/2/2023) Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. Sebagai bentuk wujud adanya perekonomian masyarakat yang konkret dan strategis untuk dikembangkan karena sektor ini mampu menyediakan lapangan kerja sebagaimana mampu menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi.

Usaha kecil di Desa Paranggupito yang sedang berkembang ada banyak, salah satunya adalah produksi gula jawa. Pemberdayaan ini merupakan suatu proses pemberian kemudahan yang diberikan pendamping kepada masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan dan memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inovasi dan inisiatif dalam proses pengambilan keputusan, sehingga kemandirian dapat diwujudkan.

Pemberdayaan terhadap UKM Gula Jawa dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UKM di desa Paranggupito dari segi kemasan produk. Kegiatan ini merupakan program kerja dari kelompok KKN UNDIP yang berlangsung mulai dari 27 Januari -- 13 Februari 2023.

Program kerja diawali dengan mencari bahan-bahan kemasan untuk produk gula jawa yang berbahan ramah lingkungan. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain logo untuk kemasan gula jawa. Selanjutnya mahasiswa KKN mendesain brosur yang berisi informasi mengenai desa Wisata Paranggupito dan produk gula jawa tersebut.

Kegiatan selanjutnya melakukan edukasi ke perangkat desa dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Edukasi yang diberikan mengenai hal-hal yang berpengaruh pada desain kemasan yang baik dan yang dapat menarik minat banyak masa mulai dari perencanaan hingga eksekusi desain.

Pencerdasan dan Pelatihan Manajemen Pemasaran UKM
Pencerdasan dan Pelatihan Manajemen Pemasaran UKM
Menurut kelompok KKN, selain desain kemasan diperlukan bantuan dari pihak lain untuk membantu meningkatkan daya saing dan penjualan dari produk UKM di desa Paranggupito. Perlu di akui bahwa produk UKM di desa Paranggupito masih kurang mendapatkan eksposure dari pihak luar. Harapan dari kelompok KKN adalah dengan adanya kegiatan tersebut, pelaku UKM khususnya di desa Paranggupito bisa bersama-sama berkembang dan dapat meningkatkan daya saing dari produk UKM paling tidak di seputar lingkungan sekitar. Karena dengan meningkatnya daya saing, maka penjualan bisa meningkat dan roda perekonomian masyarakat bisa berputar dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun