SDLC (Systems Development Life Cycle ) siklus hidup pengembangan sistem), dalam rekayasa sistemdan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta modeldan metodologiyang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputeratau informasi. Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi, yaitu proses pengembangan perangkat lunak.
Pengembangan Sistem dan Life Cycle (SDLC) adalah proses yang digunakan oleh analis sistem untukmengembangkan sistem informasi, termasuk persyaratan, validasi, pelatihan, dan pengguna (stakeholder) kepemilikan. Setiap SDLC harus menghasilkan sistem berkualitas tinggi yang memenuhi atau melampaui harapan pelanggan, mencapai penyelesaian dalam waktu dan perkiraan biaya, bekerja secara efektif dan efisien di saat ini dan direncanakan Teknologi Informasi infrastruktur, dan murah untuk mempertahankan dan biaya-efektif untuk meningkatkan. Sistem komputer yang sangat rumit dan sering (terutama dengan kenaikan baru-baru ini Berorientasi Layanan Arsitektur link beberapa sistem tradisional berpotensi dipasok oleh vendor perangkat lunak yang berbeda.
Dalam manajemen proyek dapat didefinisikan baik dengan siklus hidup proyek (PLC) dan SDLC, selama kegiatan sedikit berbeda terjadi. Menurut Taylor (2004) "siklus hidup proyek mencakup semua kegiatan proyek , sedangkan pengembangan sistem siklus hidup berfokus pada produk menyadari persyaratan.
Tahapan-tahapan SDLC ini dapat ditandai dan dibagi dengan cara yang berbeda, termasuk yang berikut :
1. perencanaan proyek, studi kelayakan: Menetapkan suatu tingkat tinggi melihat proyek dimaksud dan menentukan tujuannya.
2. Analisis sistem, persyaratan definisi: tujuan proyek memurnikan menjadi fungsi didefinisikan dan operasi dari aplikasi dimaksud. Menganalisa pengguna akhir informasi yang dibutuhkan.
3. Sistem desain: Menjelaskan fitur yang diinginkan dan operasi secara rinci, termasuk tata letak layar, aturan bisnis, diagram proses, pseudo dan dokumentasi lainnya.
4. Pelaksanaan: Kode nyata yang tertulis di sini.
5. Integrasi dan pengujian: Membawa seluruh potongan ke lingkungan pengujian khusus, kemudian memeriksa kesalahan, bug dan interoperabilitas.
6. Penerimaan, instalasi, penyebaran: Tahap akhir pembangunan awal, di mana perangkat lunak yang dimasukkan ke dalam produksi dan menjalankan bisnis yang sebenarnya.
7. Pemeliharaan: Apa yang terjadi selama sisa hidup perangkat lunak: perubahan, koreksi, penambahan, pindah ke platform komputasi yang berbeda dan lebih. Langkah ini, yang paling glamor dan mungkin paling penting dari semua, terus tampaknya selamanya.
Pada contoh berikut (lihat gambar) ini tahap Siklus Hidup Pengembangan Sistem dibagi dalam sepuluh langkah dari definisi ke penciptaan dan modifikasi produk-produk kerja IT:
Sistem analisis
Tujuan dari analisis sistemadalah untuk menentukan di mana masalahnya adalah dalam upaya untuk memperbaiki sistem.Langkah ini melibatkan mendobraksistem di bagian yang berbeda untuk menganalisis situasi, menganalisis tujuan proyek, meruntuhkan apa yang perlu dibuat dan berusaha untuk melibatkan pengguna sehingga persyaratan tertentu dapat didefinisikan. Analisis persyaratankadang-kadang memerlukan individu / tim dari klien serta sebagai pihak penyedia layanan untuk mendapatkan detail dan akurat persyaratan . Sering ada menjadi banyak dan dari komunikasi untuk memahami persyaratan tersebut.Persyaratan pengumpulan adalah aspek yang paling penting karena banyak kali kesenjangan komunikasi yang muncul dalam fase ini dan ini menyebabkan kesalahan validasi dan bug dalam program perangkat lunak.
Desain
Dalam sistem desainfungsi desain dan operasi dijelaskan secara rinci, termasuk tata letak layar, aturan bisnis, diagram proses dan dokumentasi lainnya.Output dari tahap ini akan menjelaskan sistem yang baru sebagai koleksi modul atau subsistem.Tahap desain diperlukan sebagai masukan awal persyaratan diidentifikasi dalam dokumen persyaratan disetujui.Untuk setiap persyaratan, satu set satu atau lebih elemen desain akan diproduksi sebagai hasil dari wawancara, lokakarya, dan / atau upaya prototipe. Desain elemen menggambarkan fitur software yang diinginkan secara detail, dan umumnya termasuk diagram hierarki fungsional, diagram tata letak layar, tabel aturan bisnis, diagram proses bisnis, pseudo, dan diagram hubungan entitas-lengkap dengan data penuh kamus.Unsur-unsur desain dimaksudkan untuk menggambarkan perangkat lunak dalam detail yang memadai bahwa programmer terampil dapat mengembangkan perangkat lunak dengan desain input minimal tambahan.
Implementasi
Modular dan kode subsistem pemrograman akan dilakukan selama tahap ini.Unit testing dan pengujian modul dilakukan dalam tahap ini oleh para pengembang.Tahap ini tercampur dengan yang berikutnya dalam modul individu akan membutuhkan pengujian sebelum integrasi ke proyek utama.
Pengujian
Kode ini diuji pada berbagai tingkat dalam pengujian perangkat lunak.Unit, pengujian sistem dan penerimaan pengguna sering dilakukan.Ini adalah wilayah abu-abu sebagai pendapat yang berbeda-beda ada seperti apa tahap-tahap pengujian dan berapa banyak jika iterasi pun terjadi.Iterasi umumnya tidak bagian dari model air terjun, tapi biasanya beberapa terjadi pada tahap ini.
Operasi dan pemeliharaan
> Corrective – memperbaiki desain danerror pada program
> Adaptive – memodifikasi sistem untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan
> Perfective– Melibatkan sistem untuk menyelesaikan masalah baru atau mengambil kesempatan
> Preventive – Menjaga sistem dari kemungkinan masalah di masa yang akan datang
SDLC WATER FALL
WATER FALL 2
> Requirements Definition
> System and software design
> Implementation and unit testing
> Integration and system testing
> Operation and maintanence
WATER FALL 3
> Kelebihan
-Proses-prosesnya mudahdipahamidanjelas
-Mudahdalampengelolaanproyek
-Dokumen dihasilkan setiap akhir fase
-Sebuah fase dijalankan setelah fase sebelumnyaselesai
-Struktur sistemjelas
-KondisitepatSDLCWaterfall
-Kebutuhan user telahsangatdipahami
-Kemungkinan terjadinya perubahan kebutuhan user kecil
> Kelemahan
-Proyek dunianyatajarangmengikutialurproses
-Kesulitan jika terjadiperubahankebutuhan
-Waktu pengerjaan bertambah
-Ada anggota tim yang harus menunggu pekerjaanpekerja lain
-Kesabaran customer/klien
SDLC Incremental Model
- Memberikanimplementasisebagaiinisialproseskepadauser
- Pengembangandenganterusmelakukan eksplorasi
- Perprototipe
- Permasalahan
·Batasan proses tidak jelas
·Sistem kurang terstruktur
- Kemampuanaplikasi
·Untuk sistem dengan interaksi skala kecil dan medium
·Untuk antarmuka user
·Untuk sistem dengan masa penggunaanpendek
SDLC Prototypes
> Kelemahan
·Harusadaversiyangdapatdijalankansebagaiprototipesebelumsistemdikembangkan(bisaberupacontoh sistem lain)
·Harusadaimplementasisistemyangdikembangkan sebelumdibuatsebuahsistemfinal
SDLC Spiral Life Cycle
·Mendefinisikan kebutuhan dengansedetail mungkin
·Pembuatan desain untuk sistem yangbaru
·Pembuatan prototipe dari pembuatan desain, pembuatan prototipe selanjutnya berdasarkan evaluasi prototipe sebelumnya
·Proses prototipe dilakukan berulang-ulang sampaicustomer
·Sistem dibuat berdasarkan prototipe yang memuaskancustomer
·Sistem di tes dan dievaluasi
> Kelebihan
·Sangat cocok sebagai mekanismemengurangi resiko
> Kelemahan
·Terlalu banyak memikirkan resiko yangakan terjadi
·Masihjarang digunakan
SDLC RapidApplication Development(RAD)
·Mengumpulkan spesifikasi menggunakan workshop atau group khusus
·Melakukan tes berulang-ulang oleh userterhadap desainyangdiawali dengan prototipe
·Menggunakan kembali komponen perangkat lunak yangada
·Jadwal yang ketat terhadap perbaikan desainproduk versi selanjutnya
·Komunikasi yang tidak terlalu formal antar anggota tim
>Kelebihan
·Waktupengembangansingkat
> Kelemahan
·Untukproyek besarmemerlukanlebihbanyaksumberdaya
·Sangatmemerlukankerjasamaantaracustomerdan developer
·Tidakcocok untukkebutuhanyangtidakdapatdimodulkan
·Tidakcocokuntuksistem yang memerlukanbanyakperbaikan
·Tidaksesuaiuntuk pengembangansistem denganresikotinggi(aplikasidenganteknologibaru)
Nama Kelompok : Tecnomedia
Anggiota :
- Arie Aditya (30108110)
- Edo Muji Supar (30108303)
- Priyo Prabowo Adhi (30108379)
- RM. Fahrian (30108426)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI