Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era ini telah menciptakan banyak hal, tujuannya untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaannya serta menjalankan aktivitasnya. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, peningkatan teknologi hampir menjadi kebutuhan pekerjaan manusia, salah satu contoh perkembangan teknologi yang begitu pesat adalah sistem informasi.
Pemanfaatan sistem informasi e-learning berbasis web merupakan salah satu kemajuan terkini yang memungkinkan institusi pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran online melalui platform digital. Ini menggantikan atau melengkapi pembelajaran tatap muka. Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya tergantung pada pendidik dan peserta didik, tetapi juga dipengaruhi oleh perangkat pembelajaran yang digunakan untuk bergerak ke arah itu.
Tulisan ini berupaya mengevaluasi sistem e-learning berbasis web secara mendalam dengan menggunakan model PIECES. Penulis akan menganalisis keuntungan dan kekurangan menggunakan sistem e-learning, termasuk peningkatan aksesibilitas, efektivitas biaya dan pemanfaatan sumber daya yang efisien. Mengevaluasi efektivitas, keandalan dan kegunaan sistem informasi e-learning berbasis web sangat penting untuk meningkatkan pembelajaran.
Dengan mengevaluasi sistem informasi e-Learning berbasis web menggunakan model PIECES, diharapkan tulisan ini dapat memberikan gambaran tentang keuntungan dan tantangan penerapan dan penggunaan sistem informasi e-Learning. Hasil asesmen ini dapat memberikan wawasan berharga bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran daring.
E-learning merupakan suatu alat pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dapat berfungsi sebagai media interaksi antara guru dan siswa serta sarana penyederhanaan penilaian pembelajaran.
Evaluasi sistem informasi adalah proses menggali dan memahami sejauh mana suatu kegiatan implementasi informasi dilaksanakan secara sistematis, baik dilihat dari perspektif persepsi, pengguna, organisasi, maupun sistemnya (Hakam, 2016). Evaluasi sistem informasi melibatkan proses sistematis untuk menilai kinerja, efektivitas, keandalan, keamanan, dan kecukupan sistem informasi yang ada. Tujuan evaluasi sistem informasi adalah untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sistem, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan kegunaan sistem informasi dalam mendukung tujuan organisasi atau lembaga.
Metode PIECES merupakan metode analisis yang digunakan sebagai dasar untuk memperoleh pertanyaan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis suatu sistem biasanya dianalisis dari beberapa aspek seperti kinerja, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi dan pelayanan (Maulana & Salim, 2021; Pratiwi & Susanti, 2021; Prayogi et al., 2021).[1]
Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Terpadu Al Irsyad yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 19 orang. Berikut adalah hasil dari penelitian ini:
Â
- Karakteristik Responden
Tabel 1. Karakteristik Responden