Mataram - Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Salah satu upaya kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 SD Negeri 28 Mataram untuk mengasah kemapuan numerasi siswa adalah dengan menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pada Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) yang sudah kami rancang, terdapat program GEMAS (Games Numerasi) dimana pada program tersebut siswa akan bermain permainan yang dirancang untuk membantu siswa memahami dan menguasai konsep-konsep matematika dasar melalui aktivitas yang interaktif dan menyenangkan. Salah satu permainan yang kami buat pada program GEMAS tersebut adalah permainan Puzzle Numerasi
Apa itu Puzzle Numerasi?
puzzle dengan soal matematika. Tujuannya adalah untuk mengasah kemampuan numerasi siswa melalui penyelesaian masalah yang berkaitan dengan angka dan operasi matematika. Adapun konsep dari permainan Puzzle Numerasi ini adalah permainan menyusun puzzle yang dimana siswa akan diberikan petunjuk berupa soal matematika pada kotak puzzle yang kemudian jawaban dari soal tersebut akan dipasangkan dengan angka yang terdapat pada potongan puzzle. Gambar puzzle yang kami pilih adalah gambar dengan tema pahlawan, sehingga setelah siswa menyusun puzzle dengan benar, maka siswa akan menebak nama pahlawan yang ada pada gambar tersebut. Hal tersebut juga sekaligus menambah pengetahuan siswa tentang nama-nama pahlawan yang ada di Indonesia.
Puzzle Numerasi adalah bentuk permainan yang menggabungkan permainanPelaksanaan di Kelas
Pemainan Puzzle Numerasi ini dilakukan secara berkelompok, hal tersebut dilakukan agar siswa dapat mengasah kemampuan bekerja samanya dalam tim. Pada pelaksaannya Ada beberapa tipe kelompok siswa yang kami temui. Tipe kelompok pertama adalah mereka yang mengerjakan semua soal matematika terlebih dahulu dan kemudian mencocokkan jawaban dengan potongan puzzle. Tipe kelompok kedua adalah mereka yang langsung mencocokkan gambar puzzle tanpa mengerjakan soal matematika terlebih dahulu, mereka mendapat petunjuk dengan melihat dan menebak gambar pada potongan puzzle. Tipe kelompok ketiga adalah mereka yang menggunakan metode campuran, yaitu dengan menghitung dan menebak gambar potongan puzzle.Â
Setelah siswa selesai menyusun puzzle, siswa menebak nama pahlawan yang ada pada gambar tersebut. Hasil akhirnya, terdapat beberapa kelompok yang masih salah dalam menebak nama pahlawan, sementara ada juga yang berhasil menebak semua nama pahlawan dengan benar.
Selama permainan Puzzle Numerasi berlangsung, terlihat siswa sangat antusias dan fokus dalam mengerjakannya. Hal tersebut dikarenakan siswa melakukan kegiatan pembelajaran yang berbeda dari biasanya, yaitu siswa dapat bermain sambil belajar.
Adanya program GEMAS (Games Numerasi) dari Kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Â SD Negeri 28 Mataram ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran numerasi, sehingga dengan adanya motivasi tersebut dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, dengan melihat antusias siswa dalam melakukan permainan Puzzle Numerasi tersebut, diharapkan dapat membuat guru menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H