Dorongan menyiapkan program seminar sejalan dengan terbitnya Buku 99 Inspirasi Bahagia. Untuk sementara tema yang akan saya angkat adalah "Inspirasi Sukses dan Bahagia".
Secara maknawi, seminar diasumsi sebagai upaya akademis dan bersisian dengan satu keahlian. Dalam sesi seminar itu, para peserta yang datang dengan rela" menyimak sajian si ahli/penyaji, atau biasanya juga diselingi diskusi dan permainan ringan.
Untuk program seminar yang dimaksud, saya sudah menyebarkan undangan awal via link. Ada peluang bahwa seminar itu akan berlangsung ofline dan obline serta berbayar. Rencana survei dasar juga sedang saya siapkan untuk mendukung rencana tersebut.
Di sini muncul hal klise: berapa harga yang layak untuk level saya? Mungkin pemula, bagaimana membangun keinginan mereka untuk datang dan membayar. Apakah sukses dan bahagia masih "laku dijual di abad serba instan ini?
Apakah mereka memerlukan pengalaman saya?...
Pertanyaan itu bergelayut di pikiran. Walau saya tidak asing dengan dunia seminar dan public speaking. Namun untuk hal yang berbau "motivasi ini memang agak canggung. Tapi ini telah menjadi awal siklus saya sekarang, semacam komitmen untuk berkembang dan memberi dampak.
Dan syukur, bahwa adanya buku 99 inspirasi bahagia yang saya susun itu sangat potensial sebagai aset seminar. Tentu itu memberi efek percaya diri dalam menyusun program suatu seminar. Baik itu seminar pendidikan ataupun populer seperti yang saya bahas di sini.
Jadi saya tinggal menyiapkan skenario penyajian, waktu dan lokasi, biaya, mungkin sponsor bila ada, begitu juga promosi/branding. Berapa target peserta? minimal 50 orang atau sampai 100 orang.
Di samping program ini, awalnya saya sudah menyusun untuk menyiapkan ringkasan bahan seminar itu dalam sajian di kanal youtube, tapi belum sempat. Padahal itu juga sangat ideal bagi pemula dalam membuat seminar profesional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H