Nama : Taufiq hidayat (BI 923035)
Kelas : 9PBI A
Matkul : Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan -- Pengertian, Peran, Teori, dan Manfaat
PENDAHULUAN
Psikologi diartikan sebagai studi ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dan tingkah laku manusia (Slater, 2005). Psikologi pendidikan  dimaksudkan untuk memberikan pengaruh dalam kegiatan pendidikan pembelajaran dan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan memperhatikan respon kejiwaan dan tingkah laku anak didik. Keadaan sistem pembelajaran, cara mengajar, dan anak didik di setiap daerah tidaklah sama. Oleh sebab itu, Guru atau Dosen sangat berperan penting dalam kegiatan belajar dan mengajar agar bisa merubah setiap kiteria sesorang Pendidik yang lebih berpengetahuan, dan meimiliki jiwa yang sangat baik, agar bisa beperan baik di sekolah ataupun masyarakat.
Kebiasaan anak didik ketika berada di lingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan terkadang juga berbeda. Psikologi pendidikan muncul untuk memberikan perbaikan pada dunia pendidikan dalam menerapkan kurikulum, proses belajar mengajar, layanan konseling dan evaluasi untuk mendapatkan kualitas anak didik yang lebih baik.
Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli
1. Crow dan Crow (1960): Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar.
2. Skinner (1953): Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan pendidikan.
3. Gage dan Berliner (1991): Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana proses belajar dan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penerapan prinsip-prinsip psikologi.