Mohon tunggu...
Taufiq Rahman
Taufiq Rahman Mohon Tunggu... Administrasi - profesional

Menyukai sunyi dan estetika masa lalu | Pecinta Kopi | mantan engineer dan titik titik...

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Hati-hati jika Anda Menerima Pesan dari "Instagram Copyright Helps Service"

16 Juni 2020   13:21 Diperbarui: 16 Juni 2020   18:09 1149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto ilustrasi: dokumen pribadi

Pertama, saya merasa perlu mengabarkan, bahwa saya tidak memiliki akun Instagram. Apa yang saya tulis dan saya kisahkan di artikel ini hanya pengalaman saya ketika saya membantu salah satu pemilik akun Instagram yang kuatir akun IG-nya akan dibanned sebab ia mendapatkan pesan dari Instagramcopyrighthelpservice melalui pesan langsung atau DM dua hari yang lalu. Bunyi pesannya tersebut adalah seperti ini:

Hi !

Your account violates our copyright guidelines.

Your account will be permanently deleted from our servers within 24 hours unless you provide feedback.

If you think we will accidentally remove your account, click the link and fill in the next required fields.

We respect copyright like Instagram.

(synchronization problems may occur. If the link is not clicked, reply to the message and try again.)

Pesan tersebut disertai juga dengan link atau tautan yang berisikan formulir konfirmasi untuk mengonfirmasi akun IG kita, sebuah formulir yang meminta kita memberikan informasi-informasi penting, seperti: alamat akun IG, password email, dan alamat email.

Saya lantas membalas pesan tersebut dengan menuliskan pertanyaan seperti ini: "What happened to my Instagram account? Provide me the details please.."

Mereka pun segera membalas pesan saya seperti ini: "Hello, We are working to make the Instagram better. Copyright infringement found on your account. I sent a verification to your phone so I can check that the account belongs to you."

Sampai di sini, saya masih belum juga menyadari ada yang aneh pada pesan tersebut. Maka segera saja saya mengklik link yang mereka sertakan di pesan pertama, yang ternyata berisi formulir konfirmasi. Karena merasa tidak ada yang aneh itulah, tanpa berfikir panjang lagi, segera saja saya mengisi formulir tersebut (memberikan informasi  alamat IG, pasword email, dan alamat email) dan mengklik send.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun