Setelah dua hari dua malam menjelajah Kumamoto dan sekitarnya, tibalah waktunya untuk terus berkelana ke kawasan lain di pulau Kyushu. Tujuan saya hari itu adalah Yufuin, sebuah kota kecil yang terkenal sebagai tempat peristirahatan yang  sejuk dan indah dengan banyaknya onsen dan sumber mata air hangat alami.  Lumayan untuk sejenak menghindar dari kota-kota di Kyushu yang sedang mengalami cuaca cukup panas,
Siang hari setelah sejenak makan siang dan menikmati lezatnya ikan makerel bakar di stasiun Kumamoto, dengan kereta api Shinkanshen Sakura yang berangkat pukul 13.17 , kami melesat kencang menuju Hakata Eki atau Stasiun Hakata di pusat kota Fukuoka. Hanya dalam waktu 41 menit kami sudah tiba di Hakata walau jaraknya sekitar 118 kilometer dari Kumamoto.Â
Setelah sejenak mampir di Hakata, perjalanan kemudian dilanjut dengan menggunakan kereta wisata yang legendaris, yaitu Yufuin no Mori menuju Yufuin. Â Meneurut jadwal kereta ini akan berangkat pukul 14.38 dari Hakata dan tiba pukul 16.50 di Yufuin melewati 6 stasiun yaitu, Tosu, Kurume, Hita, Amagase danBungo Mori. Â
Pukul 14.20 kami sudah ada di platform 6 dan melihat rangkaian kereta Yufuin no Mori yang berwarna hijau sudah siap mengantar penumpang. Â Sebelum naik ke gerbong, banyak penumpang yang bergaya di kereta ini. Di sebelahnya ada juga beberapa kereta lain yang sedang parkir termasuk Sonic dan Midori Express yang menuju ke Sasebo. Â Kereta Yufuin no Mori, merupakan salah satu dari kereta D&S (Design & Story) yang paling favorit di Kyushu. Konon interior kereta ini dirancang oleh Eiji Mitooka dan sudah beroperasi lebih dari 30 tahun.Â
Memasuki kabin, warna hijau tua tampak dominan dari deretan kursi dan juga dinding di antar jendela kaca yang besar-besar. Lantainya terbuat dari kayu dengan kombinasi warna cokelat tua dan cokelat muda yang sepintas memberikan kesan mewah. Walau begitu, sekali lihat kita dapat melihat bahwa gerbong kereta ini sudah mulai meredup kemewahannya karena dimakan usia.
Kereta ini, walau sangat popular, namun untuk keberangkatan siang hari dan tiba di Yufuin menjelang sore, jumlah penumpang tidak terlalu ramai. Namun untuk keberangkatan yang pertama dan kedua selalu penuh karena mereka dapat kembali lagi ke Fukuoka di sore hari.Â