Biro Inovasi & Pengembangan Kreativitas Himpunan Pramuwista Indonesia Jakarta kembali mengadakan acara pengayaan untuk para tour guide maupun umum yang secara rutin diselenggarakan setiap bulan. Kali ini menyusuri seluk beluk dan sekilas sejarah Pecinan di Tangerang.
Sekitar pukul 9.30 pagi, semua peserta sudah hadir di MEPO alias meeting point di depan ROTI O Stasiun Tangerang. Acara dibukan oleh Mbak Ira Latief dan dilanjutkan sambutan oleh Mas Rizki yang mewakili Bang Indra Diwangkara, ketua HPI DPD Jakarta.
Acara jalan-jalan langsung dimulai dan dipandu oleh Mbak Utami yang memang sangat menguasai kawasan Tangerang dan sekitarnya ini. Kami diajak berjalan di depan stasiun Tangerang untuk melihat sebuah prasasti yang menyatakan bahwa stasiun Tangerang ini merupakan cagar budaya dan sudah ada sejak tahun 1889.
"Setation Kereta Api, UU No. 11 Tahun 2010. Sejarah: Berdiri sejak 2 Januari 1889, merupakan station akhir karena tidak ada lanjutan lintasan bersama keberadaannya dengan jalan kereta sampai Jakarta-Tangerang." Demikian kata-kata yang terukir pada prasasti itu.
Mbak utami juga menjelaskan bahwa pemerintah Belanda dulu membangun jalur kereta api dari Duri ke Tangerang dengan tujuan untuk memperlancar transportasi untuk mengangkut hasil industri kerajinan Tangerang yang sudah diekspor sampai ke negeri Belanda dan Eropa yaitu topi buni. Topi buni atau kadang disebut topi boni ini merupakan topi anyaman yang terbuat dari bambu dan pandang yang bentuknya mirip topi koboi dan juga kemudian topi pramuka zaman kini.
Saya juga teringat pernah membaca sebuah buku karya Pramoedya Ananta Toer yang menceritakan sekilas bahwa topi boni ini telah membuat Tangerang tersohor di mata dunia internasional. Bahkan pada tahun 1887 saja lebih dari 145 juta topi diekspor. Topi ini menjadi popular digunakan baik di Eropa, hingga Amerika Latin.
"Selain topi Boni, Tangerang juga kala itu menjadi penghasil garam yang terkenal," demikian tambah Mbak Utami sambil menekankan pentingnya stasiun Tangerang ini dalam perekonomian kala itu. Di samping itu, Tangerang juga terkenal dengan industri kecil yang menghasilkan peralatan masak tradisional yang kemudian meredup setelah maraknya barang-barang dari plastik.
Dijelaskan juga sekilas mengenai buah-buahan di Tangerang. "Kalau Pasar Minggu terkenal dengan buah-buahan seperti dalam lagu papaya mangga pisang jambu, maka Tangerang juga menghasilkan buah musiman seperti Alpukat, manggis , lengkeng, rambutan dan durian."
Namun seiring berjalannya waktu, stasiun Tangerang ini pernah mati suri hingga dihidupkan kembali di tahun 1970-an ketika kereta api Jabotabek (Jakarta Bogor Tangerang Bekasi) mulai beroperasi.