Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ziarah ke Kuburan Sepeda "Bike Sharing" di Jalan Sudirman

29 Mei 2022   16:09 Diperbarui: 29 Mei 2022   16:10 750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sore itu saya naik KRL dari Bekasi jurusan Sudirman dan harus transit di Stasiun Manggarai.   Perubahan rute baru dimulai hari Sabtu 28 Mei besok

 Sejenak saya melihat bahwa stasiun Manggarai masih sibuk berbenah yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir ini.  Untuk transit dan pindah kereta dari jalur satu ke jalur lainya kita masih harus menyeberang rel  yang dijaga oleh petugas. 

Dari Manggarai, saya kemudian naik kereta jurusan Angke Jatinegara dan turun hanya satu perhentian di Stasiun Sudirman yang letaknya tepat di jantung kota Jakarta yaitu jalan Sudirman. Wah sudah cukup lama tidak main ke stasiun ini. Setidaknya sejak sebelum pandemi mengganas sekitar dua tahun lebih yang lalu.

Rencana nya dari Stasiun Sudirman, saya akan pindah moda angkutan dengan naik Trans Jakarta   Dari stasiun Sudirman saya belok kiri menyusuri kali lima di Jalan Sudirman yang lebar dan nyaman. Asyik juga jalan sore-sore di tengah kota Jakarta. Pemandangan Gedung-gedung jangkung dan patung panglima Sudirman menyambut saya.

Sepeda Merah: Dokpri
Sepeda Merah: Dokpri

Tujuannya adalah halte Trans Jakarta di Dukuh Atas.  Sekitar beberapa ratus meter dari stasiun Sudirman, saya menemukan kumpulan sepeda warna merah yang konon merupakan sepeda sewaan milik Pemda DKI.   Ada sekitar tujuh atau delapan sepeda yang berderet tidak teratur sekan-akan dibiarkan begitu saja. 

Apakah ini sepeda yang termasuk dalam program Bike Sharing di DKI yang pernah saya baca diluncurkan sekitar tahun 2020 lalu.  Namun perasaan saya menolaknya karena kondisi sepeda yang walau belum rusak tetapi tidak diparkir rapi. Bahkan salah satu sepeda dapat diambil begitu saja tanpa membuka kunci nya dengan memindai kode QR.  

Sadel copot: Dokpri
Sadel copot: Dokpri

Yang membuat saya lebih kaget lagi, sepeda yang lain malah sudah copot sadel atau tempat duduknya dan ada beberapa perlengkapan yang juga sudah copot dan terlepas. Wah sayang sekali, mungkin ini sepeda-sepeda yang sudah rusak, begitu pikir saya dalam hati.

Tempat main skate board: Dokpri
Tempat main skate board: Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun