Mohon tunggu...
Taufik Rachman
Taufik Rachman Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas di SDN Ilung

saya seorang guru kelas 5 di SDN Ilung Kec. Batang Alai Utara Kab. Hulu Sungai Tengah KALSEL

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Tertantang" Mengikuti Lomba Membuat Media Pembelajaran di Tingkat Provinsi dan Nasional

6 Oktober 2019   15:31 Diperbarui: 6 Oktober 2019   16:37 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Perkenalkan nama saya Taufik Rachman, S.Pd. Saya berasal dari kota Apam yaitu Kota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Saya bertugas sebagai guru kelas di SDN Ilung Kecamatan Batang Alai Utara di Kabupaten Hulu Sungai Tengah salah satu SDN Model di Kalimantan Selatan. Saya bertugas sebagai Pendidik mulai tahun 2009 sampai dengan sekarang sudah 10 tahun lebih dengan latar belakang Pendidikan S1 Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris di tahun 2006 dari IAIN Antasari Banjarmasin (Sekarang UIN Antasari Banjarmasin) dan pada tahun 2016 menyandang gelar S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Terbuka Jakarta.

Saya mengikuti kegiatan Diklat Online Guru Melek IT (Dogmit) ini sudah beberapa kali, mulai tahun 2015, 2016, 2018, dan 2019. Alhamdulillah....berkat ilmu dan bimbingan dari pak Sukani, sebagian besar materi yang diajarkan sudah saya aplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Bahkan, tak jarang dalam kegiatan keguruan, baik di KKG Kecamatan maupun KKG Kabupaten serta di luar daerah saya diminta untuk mengisi materi yang ada di DOGMIT ini.

Di tahun 2019 ini tepatnya di bulan April, saya telah mengikuti pelatihan online DOGMIT yang pertama. Alhamdulillah....saya sangat puas dengan bimbingan pelatihan dan hasil yang saya dapatkan. Kemudian pada bulan Oktober 2019 ini saya mengikuti pelatihan online yang kedua, seperti biasa kembali pak Sukani memposting materi-materi pelatihan online yang menarik dan bagus-bagus. Kebetulan materi tersebut sudah saya tunggu-tunggu untuk saya ikuti. Materi ini erat kaitannya dengan tugas saya yang juga sebagai instruktur kurikulum 2013 yakni keterampilan abad 21 dan literasi digital.

Dalam pelatihan online yang kedua di tahun 2019 ini, saya tertantang untuk mengikuti materi ini. Hal ini dikarenakan selain saya dituntut untuk bisa menguasai materi literasi digital dan pembelajaran abad 21, dalam beberapa tahun belakangan ini Pusat Teknologi dan Komunikasi (PUSTEKKOM) Republik Indonesia selalu mengadakan kegiatan membuat bahan ajar berbasis Aplikasi (Mobile Edukasi) yang ditujukan kepada guru dan peserta didik di seluruh Indonesia. Bahkan di tingkat propinsi Kalimantan Selatan, melalui Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) di bulan November ini akan mengadakan lomba pembuatan media pembelajaran berbasis HTML 5. Tentu saja, kesempatan yang pertama kali diadakan di tingkat propinsi tidak akan saya sia-siakan. Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, saya mencoba untuk bisa menguasai materi yang akan diberikan pak Sukani.

Harapannya, saya bisa membuat aplikasi edukasi sendiri yang bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan baik bagi saya sendiri pribadi dalam pembelajaran maupun rekan-rekan pendidik dimanapun berada. Dan saya juga minta doa kepada seluruh rekan-rekan guru hebat di seluruh Indonesia agar saya bisa mengikuti lomba pembuatan media pembelajaran berbasis HTML 5 di tingkat propinsi Kalimantan Selatan dan lomba Mobile Edukasi di Pustekkom dan berhasil masuk sebagai finalis, syukur-syukur mendapatkan juara.Amin Ya Robbal 'alamin.

Di akhir tulisan ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT yang telah memberi saya kemudahan dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini. Terimakasih juga istri saya tercinta sekaligus ibunya anak-anak Hj. Uswatun Nisfah, S.Pd.I yang selalu mendukung dalam setiap kegiatan pelatihan ini. Begitu juga kepada CEO Guru Melek IT pak Sukani yang tidak jemu-jemunya membagi dan menyampaikan informasi training Dogmit ini ke ruang Media Sosial para guru khususnya. Kesan saya mengikuti kegiatan ini adalah senang luar biasa dan semangat 45. Pesan saya kepada rekan-rekan guru dimana pun berada, selalu tingkatkan kemampuan keprofesionalitas kita sebagai guru.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun