Mohon tunggu...
Taufik Rachman
Taufik Rachman Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas di SDN Ilung

saya seorang guru kelas 5 di SDN Ilung Kec. Batang Alai Utara Kab. Hulu Sungai Tengah KALSEL

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Bukan Sekadar Diklat Biasa

9 Mei 2016   08:55 Diperbarui: 9 Mei 2016   09:23 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Judul di atas saya angkat karena ingin menggambarkan bahwa diklat ini lain daripada diklat kebanyakan yang pernah saya ikuti sebelumnya. ini kali kedua saya mengikuti diklat ini. Alhamdulillah...sangat bermanfaat bagi saya pribadi sebagai seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Sebagai seorang guru saya sadar bahwa guru dituntut untuk selalu mengembangkan kemampuan dirinya sebagai tenaga profesional. Berbagai cara untuk melakukan kegiatan keprofesionalan guru, salah satunya adalah melalui Pendidikan dan pelatihan keprofesian keguruan. Diklat on line guru melek IT (DOGMIT) yang digagas bapak Sukani (seorang pencetus sekaligus Tentor, Motivator, dan Instruktur dalam Diklat Online DOGMIT ini merupakan sebuah terobosan terbaru agar seluruh guru di Indonesia bisa (melek) teknologi dan informasi. Beliau adalah peraih GURARU AWARDS (Guru Era Baru) Tahun 2013 dari ACER INDONESIA.

Selama mengikuti diklat ini, saya sangat terbantu khususnya dalam menunjang tugas utama saya sebagai guru. Pada tahun 2015 tadi, sekitar awal Juli saya mengikuti diklat pertama saya di www.e-traininggurumelekit.edu20.org. Pada saat itu materinya pembuatan blog dan saya masuk sebagai angkatan ke 20. Walaupun cukup padat dan sulit, akhirnya saya pun dapat menyelesaikan tugas diklat ini dengan nilai 80 (A-). Setelah selesai mengikuti diklat Dogmit tersebut, kemudian hasil pembuatan blog tersebut saya kembangkan sendiri karena sekitar bulan September 2015 ada event tahunan lomba Gebyar TIK 2015 yang diadakan oleh BTIKP Propinsi Kalimantan Selatan yang diperuntukkan khusus untuk guru-guru yang ada di propinsi ini. Salah satu lombanya adalah lomba blog guru, walaupun tidak masuk sebagai finalis, alhamdulillah...karya  saya tersebut mendapatkan penghargaan dari pimpinan BTIKP Propinsi Kalimantan Selatan.

Oleh karena itu, saya sangat senang pada kesempatan ini bisa kembali mengikuti diklat Dogmit ini dan berharap semoga bisa mengikutinya dengan baik dan lancar. Dan mohon doanya, agar pada tahun ini juga saya bisa kembali mengikuti event tahunan tersebut dengan mengikuti 2 kategori lomba yaitu lomba blog guru dan lomba media presentasi pembelajaran untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). semoga saya bisa masuk finalis dan mempersembahkan yang terbaik buat saya pribadi dan teman-teman guru di sekolah saya.

Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pak Sukani yang telah menyampaikan bimbingannya dengan penuh kesabaran dan keihlasan kepada saya dan guru-guru seluruh Indonesia pada umumnya. 

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun