Mohon tunggu...
Taufik Abdillah
Taufik Abdillah Mohon Tunggu... -

berjuang bersama Rakyat !!!!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Media Pembelajaran Part 5

18 November 2011   00:29 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:32 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

V

PENGGUNAAN MEDIA

Berikut ini  akan diuraikan prinsip-prinsip penggunaan dan pengembangan media pembelajaran. Media pembelejaran yang akan dibahas tersebut  akan mengikuti taksonomi leshin ( 1992) yaitu media berbasis manusia (guru, instrukteur, tutor, mai peran, kegiatan kelompok, dan lain -lain), media berbasis cetakan (buku, charts, grafik, peta, figure/gambar, transparasi, film bingkai atau slide), media berbasis auduio-visual (video, film, slide bersama tape, telivisi ), dan media berbasis computer ( pengajuan dengan bantuan computer dan video interaktif)

Media Berbasis Manusia

Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat masalah dan bertanya ala socorates. Pembelajaran yang berpusat pada masalah dibangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Langkah - langkah rancanaga pembelajaran  ini adlah sebagai berikut :

1.      Merumuskan masalah yang relavan

2.      Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahakan masalah

3.      Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengethauan  dapat dieterapkan  untuk pemecahan maslah

4.      Tuntutan ekspolorasi siswa. Sebagai seorang instruktur untuk pelajaran pemecah maslah, perannya adlah :

a.       Membiarkab ekspolrasi siswa tak terintangi partisipasi aktif dan bertanya

b.      Membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi maslah dan tugas

c.       Membantu siswa membentuk dan menginterlisasi representasi masalah dan tugas

d.      Membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara maslah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa. Jaga agar pada awalnya anologi itu sederhana

e.       Berikan umpan balik mengenai benar atauslahnya jalan pikiran  dan jalur pemecahan masalah

f.       Gunakan repsentasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan urai verbal

5.      Kembangkan maslah dalam konteks yang beragam dengan tahap tingkatan kemampuan

6.      Nilai pengetahuan siswa dengan memberikan maslah baru untuk dipecahakan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun