Dalam dunia yang kian terkoneksi, Personal Branding menjadi kunci penting untuk memanfaatkan peluang. Berikut ini saya berikan sebuah pandangan yang saya ambil dari konten Pandji Pragiwaksono, seorang komika dan kreator konten, tentang bagaimana personal branding di media sosial dapat menjadi alat strategis dalam meraih peluang yang kita inginkan. Berikut ini adalah rangkuman inspiratifnya.
Apa Itu Personal Branding?
secara sederhana namun kuat:Â
Personal branding adalah apapun yang kita katakan pada dunia, orang tau siapa kita, dan kita dapat peluang yang kita inginkan.
Ini bukan sekadar soal menyebutkan apa yang kita lakukan, tetapi tentang bagaimana dunia mengenali kita atas hal tersebut. Personal branding adalah tentang konsistensi pesan yang kita sampaikan sehingga peluang, baik itu kerja sama, klien, atau kesempatan lain, secara otomatis mendekat kepada kita.
Mengapa Media Sosial Penting untuk Personal Branding
Kita sadari atau tidak, bahwa di era digital, hampir semua orang mencari informasi atau rekomendasi di media sosial. Entah itu tempat makan, produk, atau layanan, platform seperti Instagram, TikTok, atau YouTube telah menjadi pusat perhatian. Nah, jika kita ingin mendapatkan peluang, kita harus hadir di tempat di mana target audiens kita berada.Â
Strategi Kunci dalam Personal Branding
1. Jangan Mengatur, Jadilah Bagian dari Pembicaraan.
Ingat,  media sosial adalah tempat yang dinamis, di mana orang bebas berbicara tentang apa saja, baik konten atau status kita dalam bentuk foto, video termasuk produk atau layanan kita. Namun, sebaknya jangan dijadikan ajang perdebatan atau berusaha mengontrol opini, tapi lebih baik  menjadi bagian dari pembicaraan tersebut.Â