Mohon tunggu...
Tati Magdalena Sahea
Tati Magdalena Sahea Mohon Tunggu... Insinyur - Profesional SDA (Energy), Pemerhati Maritim, Sosial Budaya dan Politik

An Ordinary and simple person…who loves God and Happiness…Mother of twins teenager whom Root Culture from Bumi Porodisa, Nusa Utara (Nanusa, Karatung Island) and Enrekang (Duri Cakke) Sulawesi Selatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strive for Success

12 Februari 2024   14:53 Diperbarui: 12 Februari 2024   14:59 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tatie M Sahea - Presentasi Anak Berbaju Hitam di Sekolahnya. (Dokpri)

Strive for Success

seruput kopi setengah oleh tatie m sahea

Kemandirian...
Konsistensi...
Kemauan....
Disiplin...
Fokus....

GIGIH...

itu adalah beberapa point penting dalam proses kehidupan kita ..
setiap kita melewati satu fase....pasti kita akan memasuki siklus dengan point-point tersebut....walau beda kasus atau beda subject disetiap fase...

Kesuksesan sendiri sangat relatif...ada yang bilang sukses dilihat dari berapa banyak materi yang kita miliki....atau kesuksesan saat kita mendapatkan jabatan tertentu...

Untuk saya....kesuksesan itu adalah dikala kita berhasil mandiri melewati setiap fase dalam langkah kehidupan kita: baik lulus sekolah, naik kelas, berhasil mengerjakan tugas, berhasil menggapai cita-cita kita dan masih banyak lainnya.

Tetapi ada satu kesuksesan yang terpenting, yaitu: MANDIRI alias Kemandirian yang mana kita berhasil dan sukses berjalan mengarungi samudra kehidupan ini dengan baik dan bahagia tanpa menyusahkan orang-orang disekeliling kita dan itulah kesuksesan yang saya ajarkan kepada anak-anak dan seluruh anggota keluarga besar saya.

Foto dijudul atas adalah foto salah seorang anak saya (yang berbaju hitam), Cesca, atau lebih sering saya analogi kan "Baby Jag" karena kesukaannya kepada Jaguar dan Macan.

Guru Bahasa Indonesia nya yang mengirimkan foto tersebut kesaya dan memberitahu bagaimana kelompok anak saya mendapatkan yang terbaik dalam presentasi tugas kelompok mereka sebagai salah satu syarat kelulusan mereka. Diceritakan oleh si guru bahwa anak-anak tersebut, khususnya anak saya, mereka diawal sangat tertatih-tatih untuk melangkah dengan berbagai kendala untuk usia mereka, tetapi akhirnya mereka bisa mempresentasikan tugas mereka dengan baik.
Dan saya menjawab kepada guru tersebut, bahwa anak saya tidak pernah berdiskusi apapu terkait tugas tersebut kepada saya, hanya bertanya sekali kepada saya terkait "Bekerja Dalam Kelompok", dimana kesulitan dia sebagai ketua kelompok untuk mengatur para anggotanya. Dan itupun sangat umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun