Mohon tunggu...
Eta Rahayu
Eta Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Urban Planner | Pemerhati Kota | Content Writer | www.etarahayu.com

Hidup tidak membiarkan satu orangpun lolos untuk cuma jadi penonton. #dee #petir etha_tata@yahoo.com | IG: @etaaray

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Penghargaan Baeksang Arts Awards ke-60 untuk Kim Go-eun dan Exhuma

13 Mei 2024   09:40 Diperbarui: 13 Mei 2024   19:45 543
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kim Go-eun menerima penghargaan aktris terbaik kategori film melalui karyanya: Exhuma. | Sumber: Twitter @CoreaStories

Baeksang Arts Awards ke-60 telah digelar minggu lalu. Tepat pada Selasa, 7 Mei 2024, sore hingga malam hari. Acara penghargaan prestisius bagi karya film, drama dan teater itu selalu mendapat banyak perhatian penggemar showbiz Korea Selatan.

Digelar sejak 1965, acara bergengsi itu ramai dihadiri para artis South Korea -Sokor, mulai dari pendatang baru hingga artis ternama. Di sosial media, kita bisa dengan mudah menemukan potongan video kemeriahan acara tahunan itu.

Dari keseluruhan acara, satu hal yang membuat saya ikut terharu adalah kemenangan Kim Go-eun sebagai best actress kategori film. Selain berita kemenangannya, speech-nya yang menyebut nama temannya membuat semakin haru. Di forum dramabeans.com, dikatakan bahwa teman dekat Go-eun itu meninggal tahun lalu.

Mengapa Kim Go-eun layak mendapat predikat best actress?

Well, saya hampir tidak pernah melihat film horor. Buat saya film horor akan menyakiti pikiran dan rasa saya terhadap sesuatu. Saya menyukai film thriller, action, dan film lucu. Saya lebih memilih melihat simpahan darah dari tembak-tembakan dibanding tokoh imajiner bermuka aneh.

Tapi kali ini, saya tak melewatkan Exhuma. Saya termasuk dalam populasi satu dari dua juta penonton Indonesia yang menonton film genre horor itu. Ini film horor pertama yang saya tonton dengan antusias. Alasan utamanya karena Kim Go-eun yang menjadi pemainnya.

Pertama kali mendengar Kim Go-Eun akan main film horor, saya bimbang. Saya merasa harus menontonnya. Tapi saya juga tidak ingin menontonnya. Namun ketika film itu akhirnya tayang, saya memutuskan untuk menontonnya. Dan guess what? Seperti banyak orang bilang, saya tidak menemukan horor movie yang saya bayangkan pada film ini.

Nonton Exhuma di sela-sela kerjaan saat ke Jakarta | Sumber: Dokpri
Nonton Exhuma di sela-sela kerjaan saat ke Jakarta | Sumber: Dokpri

Kim Go-eun. Bukan nama asing dalam industri hiburan Sokor. Ia debut dalam film Eungyo Tahun 2012 dan memenangkan beberapa penghargaan best new actress kala itu. Mulai dari Blue Dragon Film Awards, Korean Association of Film Critics awards, hingga Busan Film Critics Awards. Lewat karya itu pula ia meraih Rising Star Award pada gelaran New York Asian Film Festival 2013. 

Pada 2016, ia mulai menjajaki dunia drama korea. Lewat drama debutnya Cheese in The Trap ia juga meraih penghargaan Baeksang best new actress kategori television alias drama. Energinya yang tumpah ruah di drama Goblin -Guardian: The Lonely and Great God pada 2016 membuat namanya semakin melambung. Setahun setelahnya, Forbes menempatkan Go-eun dalam jajaran 40 Korea Power Celebrity.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun