Universitas Indraprasta PGRI bekerja sama dengan SLBC Wimar Asih dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2023. Sosialisasi dan pelatihan dalam pembuatan Puzzle Edukasi Berbasis Audio Interaktif bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sistem motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan memberikan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan mengenai cara penggunaan Puzzle Edukasi, serta memberikan manfaat pengetahuan mengenai sistem Tata Surya dan Pelangi agar mitra dapat belajar serta memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan.
Puzzle Edukasi adalah Puzzle yang terbuat dari bahan akrilik, yang dimodifikasi menggunakan module MP3 sehingga dapat menghasilkan suara atau penjelasan mengenai materi Sistem Tata Surya ataupun Pelangi ketika kepingan puzzle sudah tersusun secara sempurna.
Adapun dalam kegiatan tersebut dilakukan observasi motorik terlebih dahulu terhadap siswa, serta berkonsultasi dengan pihak sekolah mengenai materi yang akan kami terapkan terhadap siswa. Â Observasi yang kami lakukan yaitu mengukur kemampuan motorik siswa dalam penyusunan puzzle, serta mencari tahu hal-hal yang menjadi ketertarikan siswa dari lingkungan sekitar. Pembinaan dalam pembuatan Puzzle Edukasi, dimulai dari memodifikasi puzzle akrilik sebagai media pelatihan sistem motorik dengan merangkai module MP3 yang terintegrasi pemrograman Arduino untuk menghasilkan output suara dan lampu LED, sehingga dapat menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Kegiatan yang dilaksanakan pada 9-23 Agustus 2023 ini berlangsung dengan baik di bawah pengarahan Irnin Agustina Dwi Astuti, M.Pd. sebagai dosen pembimbing tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Â Dengan melibatkan melibatkan 5 mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI sebagai tim pelaksanaa PKM yaitu Hafiz Ibnu Hajjar dari Program Studi Pendidikan Fisika, Rachma Azkia Zahra dari Program Studi Pendidikan Fisika, Nurlita dari Program Studi Pendidikan Fisika, Najwa Afifah dari Program Studi Pendidikan Fisika, dan Anita Mustikasari dari Program Studi Bimbingan dan Konserling.
Setelah selesai dalam sosialisasi dan pelatihan dalam penerapan Puzzle Edukasi Berbasis Audio Interaktif sebagai sarana untuk meningkatkan sistem motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus (PKM), tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berdiskusi kembali terkait hal-hal yang perlu diperbaiki dan disesuaikan bersama dengan pihak sekolah SLBC Wimar Asih. Dengan begitu, kegiatan ini dapat berdaya guna dengan baik untuk meningkatkan sistem motorik pada Anak Berkebutuhan Khusus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H