Mohon tunggu...
Tata Firmansyah
Tata Firmansyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

memiliki minat di bidang bisnis dan keuangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tematik UNDIP Melakukan Branding Digital untuk Bangkitkan Peluang Pemasaran Produk UMKM Desa Kaliwlingi

19 Agustus 2022   16:15 Diperbarui: 19 Agustus 2022   16:31 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada saat ini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di dalam perekonomian Indonesia sangat memegang peran penting dalam pertumbuhan sebuah negara. Sebagai pelaku bisnis pada usaha yang dijalankan, seorang wirausahawan yang menjalankan usaha di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik, sehingga dapat mencapai target yang telah direncanakan. 

Strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis pada usaha kecil menengah pada saat ini lebih banyak menggunakan media digital daripada menggunakan pemasaran tradisional. Hal ini dikarenakan pemilik usaha melibatkan teknologi dimana saat ini dikenal sebagai Digital Marketing Strategy.

Strategi pemasaran digital sendiri pada saat ini telah mengungguli dan banyak diterapkan daripada strategi pemasaran tradisional yang telah ada sebelumnya sebagai media promosi agar apa yang ingin disampaikan oleh pemilik usaha tercapai pada kebutuhan konsumen. 

Dengan adanya media digital maka wirausahawan dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk memasarkan produk atau jasa dengan lebih luas sehingga informasi yang diberikan dapat diperoleh bagi konsumen.

Desa Kaliwlingi merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Brebes yang mana terdapat banyak UMKM dan salah satunya yaitu para pengusaha garam rebus yang tergabung dalam Koperasi Mekarsari. Menurut informasi yang kami peroleh, sebagian besar dari pelaku UMKM garam rebus masih menggunakan cara pemasaran tradisional dan belum memanfaatkan media digital sebagai salah satu cara pemasarannya.

Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi, Mahasiswa KKN Tematik Kabupaten Brebes Universitas Diponegoro berinisiatif untuk membantu dalam mengedukasi pelaku UMKM garam rebus Desa Kaliwlingi mengenai promosi dan pemasaran hasil produksinya melalui media digital. 

Tujuannya agar pemasaran produk lebih maksimal serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Edukasi yang dilakukan ini memberikan luaran berupa artikel branding digital mengenai produk yang dipublikasikan melalui media online.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun