Perkenalkan nama saya Tasya disini saya sedikit cerita saja tentang saya yang menjadi SPG SUPERMAKET di AEON MALL ,saya sudah mau jalan 3 tahun saya bekerja sebagai SPG tidak mudah untuk berkomunikasi langsung dengan customer yang berbeda beda pendapat, harus punya mental yang siap. Â
Awal pertama saya ngelamar di salah satu produk food tersebut yaitu Produk KOKITA saya dapat info dari ayah saya sendiri, dan saya memberanikan diri untuk interview karna saya baru pertama kali memulai bekerja, lucu nya saya selesai saya di interview dan dikenalkan produk tersebut saya  tidak menanyakan gaji dll, setelah itu akhirnya saya ditanya kepada atasan saya "kamu tidak menanyakan gaji?" Dan saya menjawab (dengan muka malu) "oh iya Bu berapakah gaji disini ?" (Senyum tipis) dan pada akhirnya saya di terima Agustus 2018 saya sudah bekerja dan ditempatkan di AEON MALL BSD.
Adapun tugas yang diberikan kepada saya yaitu :Â
- Mempromosikan produk.
- Menarik pengunjung untuk mengunjungi stan.
- Mendukung koordinator dan supervisor dalam mengelola barang di konter / kios (area penjualan).
- Menawarkan produk.
- Mencatat penjualan.
- Sampling produk.
- Mempromosikan produk.
- Menarik pengunjung untuk mengunjungi stan.
- Mendukung koordinator dan supervisor dalam mengelola barang di konter / kios (area penjualan).
- Menawarkan produk.
- Mencatat penjualan.
- Sampling produk.
Tanggung jawab SPG yaitu :
- Mempromosikan produk.
- Menarik pengunjung untuk mengunjungi stan.
- Mendukung koordinator dan supervisor dalam mengelola barang di konter / kios (area penjualan).
- Menawarkan produk.
- Mencatat penjualan.
- Sampling produk.
- Mempromosikan produk.
- Menarik pengunjung untuk mengunjungi stan.
- Mendukung koordinator dan supervisor dalam mengelola barang di konter / kios (area penjualan).
- Menawarkan produk.
- Mencatat penjualan.
- Sampling produk.
Dan larangan SPG yaitu :Â
- Mengevaluasi dan menilai pelanggan.
- Biasa saja dengan pelanggan.
- Diskusikan dengan pelanggan.
- Meletakkan tangan  di saku atau di belakang punggung saat melayani.
- Bergerombol dan ngobrol berlama-lama di area kerja.
- Biarkan pelanggan menunggu terlalu lama.
- Pergi ke ruang penjualan selama jam buka toko.
- Menjanjikan "sesuatu" kepada pelanggan.
- Bersandar, Jongkok dengan tidak sopan, bertopang dagu, dan menguap di area penjualan saat melayani pelanggan.
Yaa itu lah sedikit pengalaman saya selama bekerja SPG SUPERMAKET
sekian dan Terimakasih :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H