"MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN"
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha sadar yang terencana atau terstruktur yang bertujuan untuk memanusiakan manusia, mendewasakan manusia hingga manusia memiliki bekal untuk kehidupannya. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh manusia karena manusia membutuhkan bekal dan acuan untuk menjalani kehidupannya seperti bekal pengetahuan akan perilaku dan karakter, nilai-nilai norma, akhlak mulia dan budi pekerti untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.
Untuk mewujudkan suatu program pendidikan maka sarana dan prasarana merupakan salah satu sumber daya yang dapat menunjang suatu proses penyelenggaraan pendidikan. Keberhasilan suatu program pendidikan dipengaruhi beberapa faktor, yang salah satunya adalah sarana dan prasarana.
Sarana dan prasarana merupakan suatu komponen yang terpenting dalam pelaksanaan program penyelenggaraan pendidikan agar tujuan dari penyelenggaraan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sarana dan prasarana adalah suatu fasilitas pendidikan untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran peserta didik dan terwujudnya suatu penyelenggaraan pendidikan, baik fasilitas pendidikan yang dapat bergerak dan tidak dapat bergerak. Kualitas pendidikan di lembaga pendidikan menjadi nilai tertinggi agar lembaga pendidikan tersebut dinilai lengkap dalam penyediaan sarana dan prasarana untuk menunjang belajar mengajar peserta didik, baik di bidang akademik maupun nonakademik.
Dengan adanya sarana dan prasarana diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik di sekolah, sehingga peserta didik dapat belajar dengan nyaman, efektif serta efisien. Maka dari itu perlunya memanajemen atau mampu mengelola sarana dan prasarana pendidikan dengan baik dan benar. Adapun tujuan dari mengelola sarana dan prasarana pendidikan adalah untuk memberikan layanan pendidikan yang sesuai agar tujuan pendidikan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Standar sarana dan prasarana pendidikan diatur pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 yang menjelaskan tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk dapat dipenuhi oleh lembaga pendidikan yang telah disebutkan bahwa seminimal mungkin memiliki 11 ruangan yang harus dipenuhi.
B. Rumusan Masalah
Apa pengertian dari manajemen?
Apa pengertian dari sarana dan prasarana pendidikan?
Apa pengertian dari manajemen sarana dan prasarana pendidikan?
Apa tujuan dari manajemen sarana dan prasarana pendidikan?
Apa fungsi dari manajemen sarana dan prasarana pendidikan?
Apa saja komponen atau ruang lingkup pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan?
C. Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dari manajemen
Untuk mengetahui pengertian dari sarana dan prasarana pendidikan
Untuk mengetahui pengertian dari manajemen sarana dan prasarana pendidikan
Untuk mengetahui tujuan dari manajemen sarana dan prasarana
Untuk mengetahui fungsi dari manajemen sarana dan prasarana
Untuk mengetahui komponen atau ruang lingkup pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Manajemen
Menurut Echlos dan Shadily (2005) manajemen berasal dari Bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti mengatur, mengelola, mengurus, dan melaksanakan. Manajemen adalah mengelola, mengatur, mengurus, dan melaksanakan suatu untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai dan telah ditetapkan. Maka dari itu manajemen pendidikan adalah suatu cara untuk mengelola dan mengatur proses penyelenggaraan pendidikan agar dapat tercapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tujuan dari manajemen adalah untuk memberikan suatu arahan dan menjadi suatu acuan untuk melaksanakan program pendidikan agar pelaksanaan pendidikan dapat terarah dan terstruktur sesuai dengan rencana awalnya. Di dalam manajemen terdapat perencanaan atau plaining, pengorganisasian atau organizing, pelaksanaan atau actuating, dan pengontrolan atau controlling. Manajemen merupakan suatu proses kerja sama antar individu maupun kelompok untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama.
B. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan untuk menunjang suatu proses penyelenggaraan pendidikan agar tujuan pendidikan dapat terlaksana dengan baik dan efektif. Semua program kegiatan pendidikan di sekolah semua membutuhkan sarana dan prasarana, baik di bidang akademik maupun nonakademik.