Mohon tunggu...
Tari nusantara
Tari nusantara Mohon Tunggu... Freelancer - Adalah seorang pembelajar baru di dunia kepenulisan dan berminat mengembangkan keterampilan menulisnya

Belajar dari apapun, siapapun dan kapanpun, agar bermanfaat bagi diri, keluarga, lingkungan, dan negara

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pelayanan kepada Calon Haji di Embarkasi Solo

26 Juni 2022   11:52 Diperbarui: 26 Juni 2022   12:18 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pasca pelepasan Calon Jamaah Haji di Pendopo Banjarnegara, setibanya di Asrama Haji Donohudan langsung disambut baik oleh petugas Haji. Mulai dari pengambilan koper kecil yang di tata rapi sangat memudahkan jamaah untuk mencari koper masing-masing. 

Prosesi awal di Embarkasi Donohudan solo, calon jamaah Haji diserahkan kepada pihak embarkasi oleh Bapak Indarto selaku Setda Banjarnegara. Jamaah haji kloter 32 Banjarnegara yang kebetulan jadi satu dengan kabupaten Pekalongan, langsung mengikuti pemeriksaan kesehatan dan penerimaan APD (alat pelindung diri). 

Calon jamaah haji kloter 32 menginap semalam di asrama, di sana petugas memberikan pelayanan sangat bagus, mulai dari konsumsi yang selalu fresh dan stock melimpah, kemudian snek dan ketersediaan air minum yang banyak juga fasilitas tempat tinggal yang nyaman dengan ketersediaan air untuk bersih-bersih jamaah sangat lancar. 

Penuturan ibu Dian jamaah dari Karangkobar merasakan pelayanan konsumsi selama di Embarkasi sangat enak dan selalu dengan hidangan yang penuh. Hal ini menjadi bukti atas komitmen pemerintah Indonesia melalui kementrian agama memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia. 

Hari kedua di Embarkasi, petugas haji mengawal jamaah untuk menerima pasport, gelang, dan living cost. Kegiatan berjalan lancar dan tertib, management distribusinya bagus sehingga memudahkan jamaah lansia tidak bingung dalam mengikuti setiap prosesi distribusi. 

Sedangkan petugas kesehatan haji memberikan jam pemantau kesehatan bagi jamaah lansia dengan resiko tinggi. Hal ini memudahkan petugas kesehatan haji dalam memantau kesehatan jamaah. 

Ketigatan terakhir di Embarkasi untuk adalah checking barang bawaan sebelum memasuki imigrasi di Embarkasi, management ini memudahkan jamaah sebelum melakukan boarding dan menghemat waktu. Sehingga setiba di imigrasi bandara King Abdul Aziz Jeddah, jamaah tidak lagi harus berurusan dengan petugas imigrasi karena problem barang bawaan. 

Jamaah kemudian diantar memasuki ruang imigrasi di Embarkasi Donohudan sebelum kemudian diantar ke Bandara. Di ruang tunggu imigrasi, jamaah haji mengikuti prosesi pemberangkatan yang dihadiri oleh Kemenag Banjarnegara dan Embarkasi Donohudan. Pada prosesi ini, petugas haji sangat membantu jamaah baik dalam persiapan perlengkapan bawaan maupun keperluan borading lainnya. 

Setibanya di Bandara Adi Sumarmo Solo, pelayanan pengambilan koper dan pencarian tempat duduk di pesawat juga sangat mudah. Melakui penomoran tempat duduk di tas paspor jamaah dan nomor bus yang mengantarkan jamaah menuju bandara, sangat memudahkan jamaah mencari kendaraan yang akan dipakai begitu juga sangat mudah mencari nomor tempat duduk di dalam pesawat, selain gerak cepat petugas yang selalu menanyakan nomor dan menunjukkan nomor tempat duduknya. 

Terimakasih kepada pemerintah Indonesia, kementrian agama, kementrian kesehatan dan kementrian Perhubungan, POLRI, DANDIM yang sudah bersinergi dalam mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun